Netral English Netral Mandarin
17:38wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Ternyata Ini Fungsi Spakbor Pada Motor

Senin, 21-Juni-2021 07:05

Spakbor motor.
Foto : Istimewa
Spakbor motor.
37

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Motor adalah kendaraan yang memiliki banyak komponen, dan salah satunya adalah spakbor. Lalu, sebenarnya apa itu spakbor?

Sepertinya komponen ini masih terdengar asing di telinga Anda, padahal spakbor adalah salah satu komponen penting pada motor. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian yang ada di bawah ini.

Mengenal Pengertian Spakbor

Spakbor adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam motor dan memiliki beberapa fungsi. Spakbor ini biasanya terletak di bagian depan dan belakang motor. Adanya spakbor dapat menjadi pelindung bagi penumpang maupun pengendara agar tidak terkena cipratan air.

Selain itu adanya spakbor pada motor ini juga bisa menambahkan kesan keren pada kendaraan, sehingga Anda akan lebih percaya diri ketika berkendara. Tanpa adanya spakbor, maka motor Anda tidak akan terlihat bagus karena terasa sangat monoton.

Adapun untuk desain dari spakbor biasanya mengikuti badan kendaraan dan tampilan motornya.

Hal ini dibuat agar Anda tidak memasang spakbor asal-asalan, karena tentu motor tidak akan menarik lagi untuk dilihat. Di bagian belakangnya juga mengikuti badan motor dan presisi agar kendaraan lebih elegan.

Akan tetapi, saat ini sering kali pengguna asal melepas dan memasang spakbor dan dianggap ini tidak masalah. Padahal hal itu bisa menghilangkan fungsi spakbor tersebut.

Hal itu disebabkan karena kebanyakan orang masih belum terlalu mengetahui apa fungsi spakbor sebenarnya.

Fungsi Spakbor Pada Motor

Melindungi Pengendara dan Penumpang Dari Cipratan Air

Fungsi spakbor kolong yang pertama adalah untuk melindungi Anda dari cipratan air. Tentu biasanya jika sehabis hujan akan terdapat genangan di tengah jalan dan Anda tidak ingin terkena cipratan yang bisa membuat pakaian kotor bukan?

Dalam kondisi ini, ketika motor Anda melewati sebuah genangan air, maka hal yang akan dilakukan spakbor adalah menghalangi cipratan baik yang berasal dari roda belakang atau depan. Bentuk dari spakbor ini juga bervariasi, yakni ada yang seperti kuping gajah, belalai maupun berbentuk kecil.

Bayangkan jika tidak ada spakbor. Tengtu motor Anda akan kotor dipenuhi dengan cipratan bekas air hujan. Ini juga bisa mengenai pengendara lain yang dekat dengan Anda. Untuk menjaga fungsi ini, yang tidak kalah penting adalah jangan sampai memotong ukuran spakbor karena bisa menghilangkan fungsinya.

Menambah Elegan Tampilan Motor Anda

Fungsi spakbor berikutnya adalah agar Anda bisa semakin percaya diri ketika berkendara. Desain spakbor yang sangat apik, elegan dan sporty, sehingga mampu menambah nilai estetika pada motor. Tapi jangan jadikan hal ini alasan untuk memasang spakbor sesuai keinginan.

Alangkah baiknya biarkan saja spakbor berada di posisi saat Anda membeli motor pertama kali. Alasannya karena pihak produsen sudah memikirkan matang-matang bagaimana spakbor dapat terpasang dengan tepat di motor tersebut dan sekaligus bisa berfungsi dengan baik.

Menambah Keamanan dan Kenyaman Pengendara

Setelah mengetahui apa itu spakbor dan beberapa fungsi di atas, ternyata komponen ini juga memiliki fungsi yang lain. Fungsinya yaitu untuk menambah keamanan dan kenyaman dari pengendara. Jadi pihak produsen telah memikirkan mengapa desain spakbor harus mengikuti badan motor.

Sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 Pasal 40 bahwa spakbor merupakan komponen yang wajib terpasang di setiap kendaraan baik motor maupun mobil. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh menganggap remeh dengan melepas dan memasang spakbor.

Agar Aman dari Tilangan Polisi

Fungsi pemasangan spakbor yang lain adalah agar Anda terhindar dari tilangan polisi. Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam peraturan pemerintah di atas, maka hal itu harus dipatuhi. Apabila Anda melakukan pelanggaran dengan tidak menggunakan spakbor, maka bisa ditilang polisi.

Pihak kepolisian akan meminta Anda untuk membayar denda sebesar Rp 250.000. Atau yang paling parah adalah Anda akan dimasukkan ke dalam penjara paling lama 1 bulan. Sebenarnya hal ini juga berlaku untuk komponen lainnya seperti helm, surat-surat kendaraan, dan kelengkapan lain.

Mencegah Kotoran Merusak Komponen Lainnya

Fungsi spakbor kolong yang berikutnya adalah melindungi komponen lain di dalam motor seperti mesin agar tidak terkena kotoran atau debu. Jika di dalam mesin terdapat tumpukan debu maka hal tersebut akan mengganggu kinerjanya dan motor tidak bisa  berfungsi dengan baik.

Selain mesin, komponen yang juga dilindungi oleh spakbor adalah bagian injeksi. Injeksi ini berfungsi sebagai penghasil pembakaran agar motor bisa digunakan. Jika bagian injeksi ini terkena debu dan tidak segera diatasi, maka proses pembakaran akan terhambat.

Cara Merawat Spakbor Agar Tahan Lama

Mewarnai Spakbor yang Sudah Kusam Warnanya

Apa itu spakbor dan fungsinya sudah Anda ketahui. Selanjutnya, ketahui juga bagaimana cara merawat spakbor agar tetap awet dan terlihat seperti baru. Cara pertama adalah dengan mewarnai spakbor yang sudah mulai kusam. Anda bisa menggunakan bahan alami agar tidak terlalu membahayakan motor.

Bahan alami yang bisa Anda gunakan adalah polish karena bisa melindungi wax spakbor agar tidak mengalami pengikisan. Langkah pertama dalam penggunaannya adalah dengan mencuci motor terlebih dahulu sampai bersih sebelum dipoles dengan polish.

Setelah itu, Anda bisa menunggu motor beberapa saat hingga kering. Kemudian siapkan polish dan mulailah untuk mengoles spakbor dengan bantuan kain bersih. Gosok secara perlahan seluruh bagian spakbor hingga warnanya menjadi hitam seperti baru.

Anda bisa melakukan hal yang satu ini secara rutin, misalnya ketika baru selesai mencuci motor. Spakbor yang dirawat secara berkala tentu akan lebih tahan lama.

Membilasnya Dengan Air Bersih Untuk Mencegah Karat

Ketika musim hujan pasti Anda tetap sering menggunakan motor bukan? Hal ini pasti akan mengotori spakbor. Jika kotoran tidak segera dibersihkan maka khawatirnya akan berkarat walaupun pihak produsen sudah memasang anti karat.

Anda bisa memanfaatkan peralatan yang ada di rumah seperti air dan sabun untuk mencegahnya. Mulailah dengan mencuci spakbor dengan air bersih setiap Anda selesai menggunakan motor. Sering mencuci spakbor akan membuat komponen ini berusia panjang dan tidak mudah berkarat.

Anda bisa menggunakan air dengan tekanan tinggi dan jangan lupa untuk membersihkan bagian cakram rem serta kalipernya. Kedua komponen ini bisa mengganggu kinerja spakbor apabila terdapat banyak tumpukan pasir dari jalanan.

Menggunakan Minyak Goreng

Spakbor juga bisa dihitamkan dengan menggunakan minyak goreng. Caranya, Anda harus menyiapkan minyak goreng secukupnya, lap bersih, dan kanebo. Setelah itu, Anda bisa mulai mengoleskan minyak goreng ke seluruh bagian spakbor secara perlahan.

Anda bisa langsung mengolesnya dengan tangan atau menggunakan lap bersih yang sudah disediakan. Setelah dioles secara merata, langkah berikutnya adalah menunggu hingga 30 detik. Jika sudah, Anda bisa mengelapnya dengan menggunakan kanebo dan lihatlah hasilnya. Demikian dilansir dari Antara.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian