Netral English Netral Mandarin
02:34wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Ternyata Ini Penjelasan Mengapa di Kolam Renang Suka Bau Kaporit

Kamis, 14-Oktober-2021 23:00

Kolam renang bau kaporit artinya bersih.
Foto : My Healthy
Kolam renang bau kaporit artinya bersih.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Berenang memanglah aktivitas yang menyenangkan. Olahraga ini digemari semua orang mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Di dalam kolam renang identik dengan bau kaporit yang menyengat. Namun tahukah kamu? kalau bau kaporit itu bukanlah menandakan bahwa kolam renang tersebut bersih.

Menurut Dr. Arthur, spKK, FINSDV seorang dokter ahli kulit, wajah dan kelamin menjelaskan bahwa sebenarnya kaporit (Ca(OCl2) yang digunakan pada kolam renang tidaklah berbau.

Dr. Arthur menjelaskan justru bau kaporit akan tercium ketika bahan kimia tersebut tercampur dengan air kencing. 

Makin banyak air kencing yang terdapat di dalam kolam renang, maka bau kaporitnya akan makin menyengat.Dikutip dari Mirror, National Swimming Pool Foundation (NSPF) bau kaporit yang kuat tidak mengindikasikan bahwa kadar kaporit tersebut dalam jumlah yang tinggi.

Para ahli di NSPF mengatakan bahwa kolam renang yang dirawat dengan baik tidak memiliki bau kimia yang kuat.

Ketika klorin dalam air kolam bergabung dengan urin, kotoran, keringat, dan kotoran dari tubuh perenang, campuran itu menghasilkan iritasi kimia yang disebut kloramin.Kloramin itulah yang mengeluarkan bau menyengat dan sering disebut sebagai bau kaporit. Reaksi kimia ini juga dapat menyebabkan mata perih dan merah.

Baca Juga :

"Dapat dimengerti mengapa kebanyakan orang berpikir bahwa bau kimia berarti ada terlalu banyak klorin di kolam, tetapi kenyataannya bisa jadi sebaliknya," kata Chris Wiant, Ketua Dewan Kualitas dan Kesehatan Air.

"Untuk membantu mencegah kloramin terbentuk di tempat Anda berenang, mandilah sebelum berenang dan bawa perenang kecil saat istirahat di kamar mandi biasa," ungkapnya.

Reporter : Kalingga Murda
Editor : Sulha Handayani