Netral English Netral Mandarin
01:05wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Ternyata Produk Inilah yang Paling Laku di Eropa Tengah dan Timur

Jumat, 08-Oktober-2021 09:00

Kelapa Sawit termasuk yang diminati di negara Eropa Timur.
Foto : Info Sawit
Kelapa Sawit termasuk yang diminati di negara Eropa Timur.
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penetrasi ekspor ke negara nontradisional makin tajam dilakukan. Kementerian Perdagangan menemukan potensi sangat besar perdagangan Indonesia dengan kawasan Eropa Tengah dan Eropa Timur. Potensi itu bakal membuat ekspor Indonesia meroket. 

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menegaskan sejumlah negara di kawasan tersebut akan menjadi tujuan ekspor utama bagi Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Mendag dalam acara Indonesia Central and Eastern Europe (INACEE) Business Forum 2021 yang diselenggarakan secara hibrida.

“Negara-negara Eropa Tengah dan Timur adalah beberapa mitra dagang potensial bagi Indonesia. Bahkan, beberapa di antaranya telah tercatat sebagai 30 besar tujuan ekspor utama. Selain itu, kami optimis dalam waktu dekat akan ada potensi perdagangan yang sangat besar antara Indonesia dengan kawasan ini,” ungkap Mendag, Kamis, (7/10/2021).

Mendag memandang kegiatan bisnis forum merupakan momen penting dalam peningkatan hubungan ekonomi dengan negara di kawasan Eropa Tengah dan Timur. Upaya peningkatan hubungan perdagangan harus terus dijaga, terutama di dalam situasi pemulihan ekonomi yang menunjukkan tren positif.

“Kami menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama perdagangan dengan kawasan-kawasan tersebut. Saya mendorong para pelaku bisnis Eropa Tengah dan Timur untuk menjajaki bisnis dengan Indonesia lebih dari sebelumnya,” jelas Mendag.

Pada periode Januari—Agustus 2021, nilai ekspor Indonesia ke Eropa Tengah menunjukkan pertumbuhan sebesar 23,6 persen (YoY), mencapai hingga USD 2,52 miliar. Sedangkan, nilai ekspor ke Eropa Timur terus meningkat sebesar 58,07 persen (YoY). Adapun produk ekspor utama Indonesia ke kawasan tersebut yaitu karet, baja, kelapa sawit dan fraksinya, bijih tembaga, timah, alas kaki, kayu, dan arang.

Dalam forum ini, Mendag juga mengundang para peserta untuk berpartisipasi dalam gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 Digital Edition yang dijadwalkan berlangsung selama 14 hari pada 21 Oktober—4 November 2021 secara daring dan showcase produk akan digelar hingga 20 Desember 2021.

INACEE Business Forum merupakan rangkaian kegiatan promosi perdagangan, investasi, dan pariwisata yang diselaraskan dengan Indonesia-Latin America and Caribbean Business Forum (INA- LAC) 2021, serta Trade Expo Indonesia 2021.

INACEE Business Forum terdiri atas seminar bisnis dan penjajakan kesepakatan dagang (business matching). Kegiatan seminar bisnis ini menghadirkan sejumlah panelis dari Indonesia dan kawasan Eropa Tengah dan Timur. Selain itu, forum ini akan dihadiri oleh para pelaku usaha dan asosiasi bisnis dari Indonesia dan kawasan Eropa Tengah dan Timur, Perwakilan RI di kawasan Eropa Tengah dan Timur, dan perwakilan negara-negara kawasan Eropa Tengah dan Timur di Indonesia, serta perwakilan kementerian/lembaga terkait.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati