Netral English Netral Mandarin
06:53wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Ternyata Produk Unggulan Inilah yang Disukai Warga Afsel dari Indonesia

Sabtu, 25-September-2021 18:50

Pameran dagang di Johannesburg, Afsel.
Foto : Kemendag
Pameran dagang di Johannesburg, Afsel.
10

JOHANNESBURG, NETRALNEWS.COM  – Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg mengekspos produk-produk Indonesia di Sandton City Mall, salah satu mal terbesar di Johannesburg, Afrika Selatan.

Promosi dalam toko (in-store promotion) ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran (awareness) masyarakat Afrika Selatan terhadap produk Indonesia di Afsel.

“Secara umum, produk-produk Indonesia mendapatkan tanggapan positif dari pengunjung mal Sandton City. Terdapat beberapa produk yang berpotensi untuk dijajaki, terutama produk makanan dan minuman, seperti biskuit, cokelat pasta, minuman teh matcha maupun teh tarik; rempah-rempah; serta obat-obatan herbal,” ungkap Kepala ITPC Johannesburg Anggun Paramita Mahdi, dalam siaran persnya, Sabtu, (25/9/2021).

Sementara, beberapa pengunjung menyampaikan, bahwa mereka telah menggunakan produk- produk Indonesia meskipun baru menyadari produk tersebut adalah buatan Indonesia.

“Sebagian produk yang ditampilkan telah beredar di pasar Afsel seperti mi instan, biskuit, minuman kelapa, obat-obatan/farmasi, produk kecantikan dan perawatan rambut, produk ban dan aksesoris kendaraan bermotor, serta furnitur,” terang Anggun.

Selama seminggu, ITPC Johannesburg juga mempromosikan produk-produk yang belum beredar di pasar Afsel, di antaranya produk kecantikan, produk kesehatan, kerajinan, kopi, serta alat pelindung diri. Dalam kegiatan ini juga dibagikan sampel produk mi instan dan kopi. Selain promosi barang, digelar pula promosi kebudayaan berupa penampilan Tari Merak dan Tari Topeng, serta perkusi akustik.

“Promosi dalam toko diharapkan dapat menjaring calon buyer, mengingat belum adanya pameran fisik yang dilaksanakan di Afsel. Kegiatan ini memungkinkan calon buyer melihat dan merasakan langsung produk Indonesia,” imbuh Anggun.

Kementerian Perdagangan mencatat, total perdagangan Indonesia dan Afsel membukukan nilai USD 1,26 miliar pada 2020. Ekspor Indonesia ke Afsel tercatat USD 572 juta, sedangkan impor Indonesia dari Afsel USD 688 juta.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati