Netral English Netral Mandarin
02:07wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Tes Acak COVID-19 Digelar Bagi Pemudik Arus Balik dari Provinsi di Pulau Jawa Menuju Jakarta, Di Sini Lokasinya

Sabtu, 15-Mei-2021 16:23

Tes swab antigen yang digelar pihak kepolisian.
Foto : Twitter TMC Polda Metro Jaya
Tes swab antigen yang digelar pihak kepolisian.
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah menerapkan kebijakan Random-Test Covid-19 dan Mandatory-Check Covid-19 sebagai upaya pencegahan peningkatan kasus Covid-19 pasca libur lebaran. Pernyataan ini disampaikan secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sabtu (15/5/2021).

Mulai hari ini, Random-Test diterapkan untuk perjalanan dari beberapa Provinsi di Pulau Jawa menuju Jakarta. Sedangkan, Mandatory-Check untuk perjalanan dari Sumatera menuju ke Jawa dan Jakarta dan akan dilakukan di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung.

Ia menjelaskan, penerapan Random-Test Covid-19 dilakukan untuk arus pergerakan masyarakat dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Barat menuju Jakarta (baik melalui Jalan Tol maupun Jalan Nasional).

Pengecekan Random-Test Covid-19 dengan Rapid Test-Antigen ada di sekitar 21 lokasi titik pengecekan di seluruh Provinsi yang ada di Pulau Jawa menuju Jakarta.

Random-Test di Jalan Tol dilakukan di 21 lokasi titik pengecekan, terbagi dalam 2 kelompok:

1. Untuk Jalan Tol Trans-Jawa yang dikelola Jasa Marga (dari Timur menuju Jakarta) terdapat 18 lokasi: (a) 13 lokasi di Rest-Area Jalan Tol(b) 4 lokasi di Pintu Masuk Tol Utama (c) 1 lokasi di eks Gerbang Tol Cikarang Utama KM. 31.

2. Untuk Jalan Tol Jakarta-Merak (dari Barat menuju Jakarta) terdapat 3 lokasi: (a) 2 lokasi di Rest-Area KM.45 dan KM.68(b) 1 lokasi di Pintu Masuk Tol Cikupa.

Sedangkan, Random-Test Covid-19 di Jalan Nasional ada di beberapa lokasi, untuk sementara diterapkan di 4 lokasi, dan akan disesuaikan dengan update kondisi di lapangan berdasarkan laporan dari Ditlantas Polda:

(a) Lokasi di Jembatan Timbang Balonggandu, Karawang - Jabar(b) Lokasi di Pos Tegal Gubug di Susukan, Cirebon – Jabar(c) lokasi antara Indramayu – Jatibarang dan antara Sukabumi – Cianjur arah ke Jakarta.

Reporter : Irawan HP
Editor : Nazaruli