Netral English Netral Mandarin
00:53wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Tes Wawasan Kebangsaan Libatkan BAIS, BIN hingga Menpan RB, EK: Novel Tak Lulus Terus Nuduh Semua Lembaga Itu Bersekongkol?

Jumat, 07-Mei-2021 17:45

Novel Baswedan dan Eko Kuntadhi
Foto : Kolase Netralnews
Novel Baswedan dan Eko Kuntadhi
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pegiat media sosial Eko Kuntadhi menilai bahwa sejumlah lembaga negara terlibat dalam merumuskan pertanyaan dalam ujian wawasan kebangsaan di KPK.

Maka, aneh bila dianggap sebagai perekongkolan untuk jatuhkan Novel Baswedan.

“Test wawasan kebangsaan calon ASN di KPK melibatkan BAIS, Komisi Kepegawaian Negara, BIN, Menpan RB, dan KPK sendiri. Novel Baswedan gak lulus. Terus kita mau nuduh semua lembaga itu bersekongkol untuk seorang Novel? Hallo!” kata Eko Kuntadhi.

Sementara secara terpisah, sebelumnya Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman juga angkat bicara soal soal isu yang beredar ihwal ada puluhan pegawai maupun penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinyatakan tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan. Salah satunya, Novel Baswedan.

Habiburokman menyatakan bahwa dirinya tidak ingin termakan informasi yang tak jelas. Dia lebih memilih menunggu informasi resmi dari lembaga antirasuah tersebut. 

"Kita dorong untuk transparan saja hasil tesnya," kata Habiburokhman di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Kendati demikian, secara pribadi dirinya mengaku tak yakin jika dikabarkan Novel Baswedan tidak lolos tes wawasan kebangsaan. Hal itu merujuk pada latar belakang dari Novel sendiri.

"Pak Novel itu kan alumni Akpol, saya pikir ketika masuk Akpol ada pendidikan berjenjang, ada sespimen mungkin sudah diikuti. Tapi kok kayaknya sulit kalau enggak lulus. Tapi bagaimana pun itu kewenangan pihak yang melakukan tes tersebut," tutur dia seperti dilansir Warta Ekonomi.

Belakangan, muncul isu bahwa sejumlah pegawai KPK dinyatakan tak lolos dalam tes wawasan kebangsaan tersebut. Berdasarkan informasi yang beredar, ada puluhan pegawai maupun penyidik KPK yang dinyatakan tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan.

Puluhan pegawai yang tidak lolos itu dikabarkan, di antaranya adalah para Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) dari internal KPK, kemudian pengurus inti Wadah Pegawai (WP) KPK, hingga munculnya nama penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Mereka yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan, kemudian disebut-sebut bakal diberhentikan sebagai pegawai KPK.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto