Netral English Netral Mandarin
03:23wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
TG: Jika Novel Baswedan cs tidak Lolos Uji Wawasan Kebangsaan Masih di KPK, ya Bubarkan Saja KPK!

Sabtu, 08-Mei-2021 18:25

Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Teddy Gusnaidi
Foto : Istimewa
Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Teddy Gusnaidi
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Teddy Gusnaidi (TG) angkat bicara soal pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinyatakan tidak lulus tes wawasan kebangsaaan yang merupakan syarat alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Sebelumnya, santer kabar penyidik senior KPK Novel Baswedan termasuk salah satu pegawai yang tidak lulus ujian tersebut.

Menurut Teddy, kalau Novel  Baswedan masih di KPK lebih baik lembaga antirasuah itu dibubarkan saja. Hal ini dikarenakan secara kelembagaan KPK itu taat pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Aturan itu mewajibkan seluruh karyawan KPK mengubah status mereka menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Jika Novel Baswedan cs yang tidak lolos uji wawasan kebangsaan masih di KPK, ya bubarkan saja KPK! @nazaqistsha @KPK_RI," tulis Teddy di akun Twitternya, Sabtu (8/5/2021).

Cuitan Teddy pun direspon berbagai komentar pro dan kontra  oleh netizen. Berikut rangkuman komentar netizen yang terpantau Netralnews.com, Sabtu (8/5/2021).

@2020_STMJ: Buat apa ada KPK jika hanya untuk menampung orang2 yg sudah jelas tidak punya wawasan kebangsaan,mau dibawa kemana negara ini?

@Malik_Kurn: ah paham, kpk bubar terus kasus korupsi di lingkaran biar tetap berjalan kah dan lebih leluasa? Seperti itu ternyata. hmm. bagus bagus pertahankan.

@sutirta: Setuju.. Kalau lembaganya aja tidak mau ikut aturan buat apa dipertahankan.. Mending dananya dialokasi ke kejaksaan

@MoehdAdam: Jika ybs masih di KPK sdgkan hasil ujiannya tidak lulus, itu adalah hal yg pantas kita curigai. Masih banyak org yg lebih berkompeten di KPK. Jika lembaga ini saja tidak benar, bagaimana bisa memberantas korupsi, lebih baik dibubarkan saja, buang² anggaran negara saja.

@MasmuHP: Tugas Pimpinan KPK adalah berani mengambil keputusan. Ya atau tidak. Semua ada konsekuensi dan kritiknya. Jangan lempar sana sini. Kalau bimbang kita yakin begitu pula dalam penegakkan hukum. Mudah terombang ambing kepentingan kesana kemari.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani