Netral English Netral Mandarin
20:58wib
Sekretaris Jenderal Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (PP) Arif Rahman mengatakan pihaknya tidak pernah didatangi oleh Kapolda atau Kapolres yang baru dilantik di daerah. Baca artikel CNN In Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria memastikan tidak akan menghadiri kegiatan Reuni 212.
Tidak Hanya Digunakan Sebagai Bumbu Masakan. Inilah Khasiat Teh Serai

Rabu, 20-Oktober-2021 22:15

Teh serai sangat baik untuk jaga imunitas.
Foto : Hello Sehat
Teh serai sangat baik untuk jaga imunitas.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Tahukah kamu? Serai atau sereh bukan hanya bisa dijadikan sebagai bumbu masak, tetapi bisa juga dijadikan sebagai campuran teh.

Serai adalah sejenis tanaman herbal yang memiliki daun yang Panjang. Akarnya berimpang pendek dan berwarna coklat.

Teh serai adalah minuman campuran dari seduhan teh dan batang serai. Teh serai ini juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Banyak varian yang bisa dibuat dari minuman ini, seperti teh serai murni tanpa pemanis, teh serai dengan madu dan jahe atau teh serai dengan perasan jeruk nipis.

Cara membuatnya pun mudah, yaitu dengan menambahkan daun teh dan serai kedalam air panas lalu diamkan hingga 5-10 menit. Setelah itu, saring teh dan nikmati minumannya selagi hangat.

Meminum teh sendiri dipercaya dapat mengurangi tingkat kecemasan dan stres. Bersumber dari situs hellosehat, berikut adalah beberapa khasiat dari meminum teh serai.

Membantu Mencegah Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan penyakit pencernaan akibat adanya luka pada lapisan dalam lambung.Sebuah penelitian hewan dari National Institutes of Health menyebutkan bahwa kandungan minyak dalam daun serai terbukti dapat melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol (alkohol).

Meringankan Gejala PMS

Seringkali timbul rasa sakit pada perut atau kram perut dan kembung pada saat Premenstrual syndrome atau PMS. Memang belum ada penelitian khusus yang membuktikan khasiat teh serai untuk mengatasi keluhan ini.

Namun sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa kandungan minyak pada serai dapat membantu mendinginkan dan meredakan peradangan. Sifat inilah yang mungkin saja dapat menurangi rasa nyeri saat haid.

Diuretik Alami

Biasanya, dokter meresepkan diuretik untuk penderita gagal jantung, gagal hati, atau edema (pembengkakan pada tubuh akibat penumpukan cairan).Bahan herbal dengan aroma yang khas ini dapat membantu proses membuang air kecil. Dengan sering membuang air kecil, tubuh akan mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium.

Membantu Mencegah Kerusakan Gigi

Secara ilmiah serai memiliki sifat antimikroba. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, minyak esensial dari serai terbukti mampu melawan bakteri Streptococcus mutans.Bakteri Streptococcus mutans inilah yang dapat menimbulkan infeksi pada gigi dan gigi berlubang. Dengan mengonsumsi teh serai secara rutin mungkin saja dapat melindungi gigi dari kerusakan.

Berpotensi Mengurangi Risiko KankerDikatakan berpotensi dapat mengurangi risiko kanker karena pada teh serai terkandung zat antioksidan dan juga zat-zat lainnya.

Dalam sebuah studi terbitan jurnal Integrative Cancer Therapies mengatakan bahwa zat antioksidan dapat membantu membunuh sel kanker tertentu,

Selain dapat membunuh sel kanker secara langsung, zat-zat lain yang terkandung dalam teh serai juga bisa memperkuat sistem imun sehingga dapat melawan pertumbuhan kanker.

Demikianlah khasiat-khasiat yang terkandung dalam teh serai. Kamu bisa mengonsumsi minuman ini secara rutin untuk merasakan khasiatnya. 

Namun, bila ada kondisi medis yang perlu pengobatan rutin, ada baiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum meminum teh serai.

 

 

 

 

Reporter : Kalingga Murda
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi