Netral English Netral Mandarin
banner paskah
00:49wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Tiga Curug Paling Ngehits di Sentul

Rabu, 03-Maret-2021 20:45

Curug Cibaliung
Foto : Netralnews/Sulha
Curug Cibaliung
39

SENTUL, NETRALNEWS.COM - Nyurug? Jalan naik turun? Duh nggak deh, malas banget! Kira-kira begitulah komentar teman-teman komunitas saat ada yang mengajak trekking ke curug.

Namun, dengan berbagai argumen iming-iming tempatnya yang bagus dan sangat cantik seperti air terjun bidadari, jadilah komunitas Lop U yang beranggotakan sekitar 23 orang yang merupakan teman sejak SMP ini memutuskan untuk mencoba dan berangkat.

Tiga curug yang memikat hati dan sedang ngehits saat ini antara Curug Hordeng, Cuburial dan Curug Cibaliung.

Baca Juga :

Kejernihan air di Curug Cibaliung (NNC/Sulha)

Curug Cibaliung

Anda bisa mengunjungi Curug Cibaliung. Untuk perjalanan ke sini tak memakan waktu lama, tapi begitu kembali Anda akan menemukan jalan yang menurun dan membutuhkan ekstra keras untuk melaluinya.

Ups! tapi jangan berkecil hati dulu, setiba di sana Anda akan tercengang melihat kecantikan air terjun ini. Airnya begitu bening dan tentu saja sangat menyegarkanSebelum sampai ke lokasi, Anda akan melewati Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk.

Ambil jalur kanan dari Leuwi Lieuk, setelah 50 meter ambil jalur kiri. Dari sini Anda sampai ke sungai yang menjadi bagian dari Curug, Anda dapat menyusuri sungai selama 20 hingga 30 menit sebelum akhirnya Anda menemui Curug Cibaliung.

Curug Cibaliung adalah lokasi curug terdalam. Belum banyak pengunjung yang bertandang ke lokasi ini, sehingga dalam dibilang lokasinya paling bersih alami dan lebih sepi.

Air terjun nya tidak telalu tinggi namun deras dan jernih. Sungai tempat bermuara nya air berwarna hijau toska dan lebih terlihat jelas pada saat musim panas. Menyusuri sungainya  memiliki kenikmatan tersendiri

Curug Leuwi Lieuk salah satu favorit dan banyak pengunjungnya sebelum ke Cibaliung (Dok: Amalia)

Curug Hordeng

Selain Curug Cibaliung, ada lagi Curug Hordeng yang banyak dikunjungi para selebriti, selebgram, maupun politikus ini tetiba menjadi sangat terkenal. Perjalanan menuju ke sini cukup memakan waktu dan tenaga. Sepanjang perjalanan juga Anda diminua berhati-hati lanteran jalan yang terjal dan sedikit curam.

Tapi memang benar ternyata setiba di curug ini tatapan mata langsung segar begitu melihat air yang jernih dan air jatuh dari ketinggian tersebut benar-benar seperti hordeng.

Curug Hordeng sebetulnya merupakan salah satu bagian dari rangkaian air terjun yang terletak di area Sentul. Berada di area Sentul, tepatnya berada di Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Bogor. Air terjun ini terletak di atas ketinggian 740 meter di atas permukaan laut.

Curug Hordeng (Dok: Eva)

Curug ini dapat dicapai dengan cara berjalan kaki atau treking dengan durasi kurang lebih 30 sampai 40 menit dari arah gerbang masuk. Nama dari Curug Hordeng sendiri asalnya dari bahasa Sunda yaitu kata “hordeng” yang memiliki arti tirai.

Air yang jernih di Curug Ciburial (NNC/Sulha)

Dok: Amalia

Curug Ciburial

Mengunjungi Curug Ciburial seperti Anda ingin bercermin di atas air. Arinya begitu jernih dan menyegarkan mata. Untuk mencapai tempat ini hanya diperlukan sekitar 30-40 menit.

Kadang arusnya begitu deras sehingga Anda harus berhati-hati. Namun, dengan banyaknya batu-batu besar, seolah menjadi pengaman untuk Anda yang ingin bermain-main atau berenang di curug ini. Dari persimpangan, jalur menuju Curug Ciburial

Letak Curug Ciburial cukup tersembunyi berada dibawah sebuah tebing pendek. Beberapa pengunjung memanfaatkannya sebagai shower alami padahal air saat itu sedang deras. Jika aliran sungainya sedang tidak deras, kalian bisa bersantai disebuah kolam yang berada disekitar Curug Ciburial.

Tinggi air terjunnya skitar 15 meter, dapat menjadi ajang uji nyali dengan teman-teman Anda. Jadi, meski pandemi, yuk trekking ke curug-curug cantik. Selain merefresh badan dan otak, juga meningkatkan imun.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani