Netral English Netral Mandarin
04:52wib
Hampir seluruh negara di dunia meningkatkan pembatasan Covid-19 ketika kasus varian Delta melonjak, yang tidak sedikit orang menentangnya. Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa bahu-membahu berupaya melawan pandemi Covid-19.
Tiga Jenis Wiper Mobil, Pilih yang Paling Tepat untuk Mobil Anda

Minggu, 09-Mei-2021 09:00

Tiga jenis wiper mobil.
Foto : haynes.com
Tiga jenis wiper mobil.
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wiper jadi komponen penting dalam menjaga visibilitas berkendara kala hujan. Karenanya, pemilik mobil harus rajin mengecek kondisi wiper. Apabila sapuan airnya sudah tak maksimal segeralah ganti.

Di pasaran, ada tiga jenis wiper, yakni konvensional, hibrida, dan flat-blade.

Wiper konvensional, dilengkapi dengan teknologi lama yang punya desain dengan komponen braket dan karet.

Baca Juga :

Namun, wiper jenis ini sekarang sudah susah ditemukan dan tak pernah lagi dipasang di mobil-mobil baru.

Sebagai gantinya, konsumen bisa memilih dua jenis wiper terbaru di pasaran yakni hibrida dan flat-blade. Dilansir dari berbagai sumber, wiper hibrida punya struktur yang mengolaborasikan flat-blade dan konvensional. Di mana masih ada braket dan holder plastik.

Baca Juga :

Sementara flat-blade, punya bobot yang relatif lebih rendah. Secara fisik wiper jenis ini hanya punya holder kecil di tengah wiper. Komponen penyapu dan bilah wiper terbuat dari karet dengan menyematkan rangka besi pipih di dalam.

Flat blade dirancang untuk sesuai dengan permukaan wind screen untuk memberikan sapuan air yang lebih baik.

Baca Juga :

Karena itu, wiper flat-blade punya performa yang lebih baik dalam hal sapuan air. Kemudian berdasarkan pengujian, karet wiper juga tak mudah getas.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP