Netral English Netral Mandarin
03:35wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Tiga Obat Alami Penghilang Nyeri Akibat Asam Urat

Senin, 02-Agustus-2021 04:00

Air jahe bisa menurunkan asam urat Anda.
Foto : Herbalis
Air jahe bisa menurunkan asam urat Anda.
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bila Anda sudah merasa neyeri di pergelangan, persendian, dapat dipastikan terkena asam urat. Penyakit asam urat adalah mimpi buruk bagi setiap orang.

Pasalnya, penyakit ini bisa datang pada siapa saja tanpa mengenal usianya. Saat ini ada banyak obat-obatan yang bisa dikonsumsi sebagai cara mengobati asam urat.

Hanya saja, masih belum diketahui manakah yang terbaik dan benar-benar memiliki fungsi mengatasi asam urat. Sebagai alternatif, jamu dan obat herbal asam urat tradisional bisa dikonsumsi karena efek sampingnya yang sedikit.

Kenapa asam urat bisa terjadi? Asam urat terjadi karena konsumsi berlebihan dari zat purin, yang umum terdapat di hati, ampela, paru, usus, kepiting, kerang, udang, cumi, maupun daging merah. 

Dokter Agus Winanta Spd menjelaskan purin inilah yang nantinya berisiko mengalami metabolisme dan memicu asam urat. Apabila zat ini menumpuk di persendian, gejala persendian dan rasa sakit bisa muncul. “Jika Anda merasakan sakit yang terus berlanjut, sebaiknya segera hubungi dokter,” ujarnya Minggu, (1/8/2021). 

Perlu Anda ketahui pula bila kadar asam urat ini bisa meningkat karena adanya stresor atau penyebab stres. Stres sendiri bisa berakibat pada perubahan mood. Efek stres yang berkepanjangan akan menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko peradangan. Kedua hal inilah yang pada akhirnya akan memicu peningkatan kadar asam urat di dalam darah. 

Pengobatan asam urat tinggi bisa dengan bahan-bahan alami. Terdapat beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu anda mengobati asam urat secara alami. Berikut inilah ramuan jamu asam urat tradisional.

1. Ceri

Salah satu cara mengobati asam urat secara alami adalah dengan mengonsumsi buah ceri. Buah ini memiliki paduan rasa manis dan asam dengan warna merah dan hitam.

Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak, jus, ataupun mentah untuk mengobati asam urat. Ketahuilah, ceri ini sudah sangat populer dan punya potensi yang besar untuk bisa berhasil.

2. Jahe

Jahe dikenal juga sebagai salah satu bahan jamu asam urat tradisional. Tidak hanya ceri, rempah alami seperti jahe ini juga mampu mengobati asam urat.

Bagaimana caranya? Konsumsilah jahe dengan air mendidih dan dua sendok teh jahe selama 10 menit. Minumlah tiga gelas jahe tiap hari.

Obat atau jamu herbal asam urat satu ini juga bisa ditempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit. Kompres atau tempel jahe ini dengan air hangat, lalu rendam dengan waslap.

Setelah dingin, oleskan waslap ini pada bagian tubuh yang sakit. Tempelkan sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. Apabila terjadi iritasi kulit, sebaiknya lakukan tes terlebih dulu.

3. Campuran Cuka Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Cara alami lain untuk mengatasi asam urat adalah dengan minum air hangat disertai cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit. Kunyit merupakan salah satu rempah yang memang sudah sering dimanfaatkan sebagai jamu dan obat herbal asam urat.

Campurkan jus lemon dengan dua sendok teh kunyit dan satu sendok teh cuka sari apel. Kemudian minumlah sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati