Netral English Netral Mandarin
11:15wib
Sejumlah Guru Besar meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memeriksa Firli Bahuri Cs. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkelakar bakal menjadi tim sukses Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2024 mendatang.
Tiga Penyakit yang Akan Timbul Jika Anda Tidur Setelah Sahur

Jumat, 23-April-2021 12:20

Jangan tidur setelah sahur.
Foto : Pixels
Jangan tidur setelah sahur.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kebanyakan dari masyarakat, selama Ramadan kerap kembali tidur setelah sahur, dan salat subuh. Padahal, dalam segi kesehatan, tidur setelah justru memberikan efek tidak baik dalam kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, termasuk laman halosehat, inilah penyakit yang akan ditimbulkan jika Anda tidur setelah saur.

Heartburn

Heartburn yang sering dikenal dengan nyeri ulu hati atau asam lambung naik merupakan suatu keluhan yang sering terjadi jika tidur setelah makan.

Sistem pencernaan akan sulit mencerna makanan apabila seseorang langsung tidur sesaat setelah makan.

Salah satu gejala yang akan timbul jika terjadi masalah pencernaan yaitu nyeri pada ulu hati dan asam lambung naik atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD merupakan akibat yang timbul setelah asam lambung naik. Penyakit ini terjadi apabila klep antara lambung dan tenggorokan tidak tertutup dengan baik sehingga asam lambung akan dapat mengalir ke kerongkongan.Kebiasaan tidur setelah sahur dapat mengakibatkan timbulnya penyakit GERD setelah naiknya asam lambung.

Diabetes

Tidur setelah makan dapat menimbun lemak dalam tubuh. Jika lemak lama tertimbun, maka tubuh dapat mengalami obesitas dan dapat berujung pada penyakit diabetes.

StrokeSistem pencernaan dalam tubuh akan sulit mencerna makanan jika badan langsung berbaring sesaat setelah makan.Artinya, lambung membutuhkan asupan darah yang lebih banyak untuk memperlancar pekerjaan sistem pencernaan.

Suplai darah terhubung antar organ satu sama lain, sampai kepad aotak. Jika asupan oksigen ke otak berkurang, maka bisa terjadi stroke

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani