Netral English Netral Mandarin
11:35wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Tiga Tempat Belanja Keramik Cantik untuk Pecinta Belanja

Sabtu, 06-Maret-2021 14:20

Keramik koleksi di Pasar Ular.
Foto : Dok: Feby
Keramik koleksi di Pasar Ular.
43

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bagi sebagian perempuan memajang atau menghias rumah agar tampak cantik dan tampil beda dari yang lain. Tapi tahukah Anda, dimana tempat berburu belanja barang-barang keren, termasuk keramik pajangan atau hiasan tapi dengan harga murah.

Keramik-keramik ini bukan hanya untuk digunakan sebagai penghias rumah saja, tapi juga sebagai tableware atau alat-alat sajian makanan. Di beberapa tempat di Jabodetabek, terdapat tempat membeli keramik cantik dengan harga ‘miring’.

Berikut tiga tempat favorit berburu keramik cantik yang wajib Anda kunjungi:

Koleksi di Sembarang Payu, Pamulang. (Dok:NNC/Sulha)

Sembarang Payu

Tempatnya berada di sebuah perumahan di kawasan Pamulang, tepatnya di Witanaharja Country Estate, Jl guru B7, Pamulang Barat Tangsel.

Sembarang Payu dalam bahasa Jawa berarti “Semua Laku”, menghadirkan berbagai aneka peralatan seperti cangkir cantik, piring, mug, mangkok, nampan dan lainnya.

Menurut penjualnya, harga yang miring ini lantaran barang-barang tersebut merupakan sisa ekspor. Sebut saja piring cantik motif maroko dijual dengan berbagai ukuran mulai dari Rp45.000 hingga Rp65.000.

Keramik koleksi Skyadijaya di Kelapa Gading, (Dok: Skyadijaya)

Skyadijaya

Di akun Instagramnya tertulis Skyadijaya, namun jika Anda ingin melihat-lihat langsung, datanglah ke Jalan Kelapa Cengkir Barat 2 FI I Nomor 11, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Barang yang dijajakannya mirip dengan Sembarang Payu, tapi tempatnya lebih kecil. Namun tak perlu khawatir, lantaran pemiliknya Olivia dan suami pernah bekerja di kapal pesiar, maka beberapa barang yang dijajakannya juga asli dari luar negeri.

Masa pandemi membuat Olivia dan suami banting setir untuk terus bisa menghidupi keluarganya. Dengan tabungan yang ada, pasangan ini kemudian mencoba peluang berbisnis menjual keramik cantik.

Aneka tea set, piring dengan motif Turki, China, Maroko, Adeleide Blue, Chinese Blue, hadir di tempatnya. Soal harga? Tentu saja jauh dari kata mahal.

Aneka keramik yang dijajakan di Pasar Ular. (Dok:Feby)

Pasar Ular

Paul atau Pasar Ular merupakan tempat favorit berbubur keramik. Hanya saja, jika di Sembarang Payu dan Skydijaya merupakan barang sisa ekspor, di Paul hustru dengan mudah ditemukan barang—barang dari China, Ceko,  Spanyol, Italia.

Pasar Ular Permai berisi puluhan kios yang menjadi pusat penjualan beragam barang keramik import orisinil. Keramik-keramik indah dan menarik tersebut biasanya berasal dari kawasan Asia dan Eropa, diantaranya negara-negara seperti Tiongkok, Spanyol, Italia, dan Republik Ceko.

Para pedagang di sini menjual keramik dan porselin import lainnya ke seluruh Indonesia baik secara grosir maupun personal. Bahkan awak kapal maupun penumpang dari kapal-kapal asing baik itu pengangkut barang sampai kapal pesiar yang kebetulan sandar di pelabuhan Tanjung priok kerap mengunjungi Paul Permai untuk membeli barang-barang pecah belah kelas dunia tersebut.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani