Netral English Netral Mandarin
14:03 wib
Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri akan digelar pada Rabu (20/1/2021). Polda Metro Jaya menjadwalkan pada Rabu (20/1/2021) gelar perkara terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad.
Tiga Vaksin Ini Segera Dapat Restu dari WHO

Sabtu, 12-December-2020 16:20

WHO bakal beri izin untuk tiga vaksin.
Foto : Antara
WHO bakal beri izin untuk tiga vaksin.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berharap dapat memutuskan perihal izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 buatan Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca dalam beberapa pekan mendatang, menurut kepala ilmuwan pada Sabtu, (12/12/2020).

Soumya Swaminathan mengatakan badan kesehatan global itu akan memutuskan nasib calon vaksin Pfizer dalam "beberapa pekan" ke depan. Selanjutnya, mereka juga akan meninjau calon vaksin produksi Moderna dan AstraZeneca.

Restu WHO akan memungkinkan pendistribusian sebuah vaksin di sejumlah negara, yang  badan pengawas obat nasionalnya belum dapat melakukan evaluasi.



Menurut Swaminathan, sedikitnya 10 perusahaan telah menyatakan minat atau mengajukan permintaan izin penggunaan darurat untuk calon vaksin.

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan hampir satu miliar dosis vaksin telah diamankan untuk program COVAX, guna dibagikan kepada-negara negara miskin dan menengah. Ada 189 negara yang berpartisipasi dalam program tersebut.

Namun, sejumlah pejabat WHO mencatat bahwa masih dibutuhkan waktu untuk memproduksi dosis vaksin yang mencukupi permintaan.

Dilansir Antara, menurut Swaminathan, pasokan vaksin COVID-19 sepertinya akan terbatas untuk paruh pertama 2021.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sulha Handayani