Netral English Netral Mandarin
03:59wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Tingkatkan Jumlah Penerima Manfaat, DKI Dukung Layanan Informasi Program Kartu Pekerja

Sabtu, 18-September-2021 16:30

Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Foto : Istimewa
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Program bantuan kepada pekerja maupun prakerja menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Ibu Kota, khususnya di tengah pandemi COVID-19.

Untuk itu, dalam rangka mengembangkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Manajamen Pelaksana Program atau Projects Management Office (PMO) Kartu Prakerja melakukan kesepakatan kerja sama berupa Dukungan Layanan Informasi Program Kartu Prakerja.

Pelaksana Program Kartu Prakerja di Kementerian Tenaga Kerja memerlukan bantuan teknis dari Pemprov DKI Jakarta dalam penyebarluasan informasi dan edukasi masyarakat secara berkesinambungan dalam rangka mendorong pemanfaatan Kartu Prakerja - Fasilitas Program Kartu Kerja selama tahun 2021.

Para pihak sepakat melaksanakan kerja sama dalam mendorong pemanfaatan penuh atas bantuan biaya pelatihan, agar keterampilan kerja dari penerima Program Kartu Prakerja di Provinsi DKI Jakarta meningkat.

Nota kesepakatan kerja sama tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali dan Denni Puspa Purbasari selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Pekerja Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia. Penandatanganan kesepakatan tersebut berlangsung di Balai Kota Jakarta, pada Jumat (17/9/2021).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, turut hadir dan menyaksikan penandatanganan nota kesepakatan. Ia berharap, melalui kerja sama tersebut, dapat meningkatkan jumlah penerima manfaat Kartu Prakerja di Ibu Kota.

"Kita baru saja melewati gelombang pandemi COVID-19 kedua yang puncaknya lebih dahsyat. Semua itu bisa kita lalui, berkat kerja bersama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemerintah Pusat, baik dalam hal penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi," kata Ariza.

"Saya mewakili Pemprov DKI Jakarta menyampaikan penghargaan yang tinggi terhadap kerja sama Program Kartu Prakerja yang telah terlah terjalin dengan baik selama ini," lanjutnya.

Ariza menilai, penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut semakin memberikan fondasi kuat untuk kerja bersama yang telah dijalankan ke depan. "Semoga segala ikhtiar yang kita jalankan melalui kerja sama ini akan semakin memberikan kemanfaatan dan kemaslahatan bagi warga DKI Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap dan akan senantiasa mendukung untuk menyukseskan program Pemerintah Pusat yang sangat baik ini," ucapnya.

Untuk diketahui, kesepakatan kerja sama tersebut bertujuan untuk:

1. Menyebarkan informasi dan meningkatkan pemahaman publik tentang pengembangan kompetensi, produktivitas dan daya saing angkatan kerja melalui Program Kartu Prakerja;

2. Meningkatkan pemahaman dan digital literasi akan manfaat dan penggunaan Kartu Prakerja bagi angkatan kerja di wilayah Provinsi DKI Jakarta; dan

3. Mendorong serta mengingatkan penerima Kartu Prakerja untuk memanfaatkan program dan saldo Kartu Prakerja secara maksimal.

Pelaksanaan sosialisasi dan diseminasi informasi Program Kartu Prakerja ditujukan kepada seluruh angkatan kerja, yakni bagi para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP