Netral English Netral Mandarin
21:09wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Tinjau Rumah Pompa Jati Pinggir, Irwandi Harap Petamburan tak Banjir Lagi

Jumat, 29-January-2021 19:19

Jakarta Pusat Irwandi meninjau langsung pemasangan pompa berkapasitas 500 LPS di Rumah Pompa Jati Pinggir 2, Jalan Petamburan Raya.
Foto :
Jakarta Pusat Irwandi meninjau langsung pemasangan pompa berkapasitas 500 LPS di Rumah Pompa Jati Pinggir 2, Jalan Petamburan Raya.
18

JAKARTA, METRALNEWS.COM - Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi meninjau langsung pemasangan pompa berkapasitas 500 LPS di Rumah Pompa Jati Pinggir 2, Jalan Petamburan Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (29/01/21).

Dirinya berharap, pemasangan pompa asal Yunani dengan kapasitas lebih besar, Kawasan Petamburan, Tanah Abang tak lagi banjir.

"Kita berharap daerah sini (Petamburan) tak lagi banjir. Dulu, kalau banjir disini bisa sampai 1,5 hingga 2 meter. Solusinya harus ada pompa. Sekarang pompanya sudah ada dari Yunani dan kapasitas 500 LPS (perdetik), sedangkan kapasitas pompa yang lama 250 perdetik," kata Irwandi, Jumat (29/1/2021).

"Kemudian dengan adanya pompa ini, pada hujan besar ini akan kita coba Jakarta akan seperti apa. Kalau Jati Pinggir tidak banjir saat hujan besar, berarti ini sudah berhasil. Patokannya Jati Pinggir," sambungnya.

Baca Juga :

Irwandi mengatakan, saat ini masyarakat Petamburan merindukan adanya pompa yang lebih besar supaya tidak banjir. Menurutnya, lokasi petamburan merupakan wilayah langganan banjir. Banjir kerap kali menggenangi rumah-rumah warga saat hujan.

"Ini daerah rawan banjir, tiap tahun langganan banjir. Pinggir kali, kali BKB meluap, rumah warga banjir sekitar 2 meter. Mudah-mudahan kita dapat mengatasi banjir dan pompa langsung di tes di rumah pompa ini. Mudah-mudahan Jakarta Pusat Zero Banjir," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat Ahmad Saiful mengatakan, penambahan lima pompa di Tahun Anggaran (TA) 2020 sudah rampung dipasang.

Lima pompa yang dimaksud, kata dia, dua unit di Pangeran Jayakarta kapasitas masing-masing 250 LPS, 1 unit pompa kapasitas 1.000 LPS di pompa Industri, satu unit pompa kapasitas 500 LPS di Rajawali Selatan dan satu unit kapasitas 500 LPS di Jati Pinggir 2. 

"Insya Allah dengan adanya penambahan pompa ini, akan menambah kekuatan prasarana pengendali banjir di Jakarta Pusat. Sehingga masyarakat dapat merasa nyaman dan tenang apabila ada ancaman banjir yang terjadi setiap tahunnya," terangnya. 

Berdasarkan data Sudin SDA Jakpus, selama kurun waktu Oktober 2020 hingga sekarang, di Jakarta Pusat belum ditemukan genangan banjir yang besar. Meski begitu, pihak Sudin SDA Jakpus terus menambahkan unit pompa di kawasan Petamburan.

Seperti diketahui, di wilayah Petamburan terdapat tiga Rumah Pompa. Yakni, Rumah Pompa Jati Pinggir 1, Jati Pinggir 2 dan Jati Pinggir 3. Di Rumah Pompa Jati Pinggir 1 ada 4 pompa dengan rincian 2 unit berkapasitas 500 LPS dan 2 unit kapasitas 250 LPS. 

Di Rumah Pompa Jati Pinggir 2, sebelumnya hanya ada 2 unit pompa kapasitas masing-masing 500 LPS dan penambahan baru 1 unit kapasitas 500 LPS. Sementara di Rumah Pompa Jati Pinggir 3 terdapat 2 unit pompa dengan kapasitas masing-masing 100 LPS. 

"Mudah-mudahan dengan adanya pengendalian banjir yang ada ini, kita bisa mengendalikan atau tidak ada banjir yang ada di jati pinggir," tutupnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati