Netral English Netral Mandarin
23:47wib
Aparat dari satuan TNI dan Polri akan menjadi koordinator dalam pelaksanaan tracing (pelacakan) Covid-19 dalam Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang. Presiden Joko Widodo memberi kelonggaran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.
Tips Beli Apartemen Menurut Feng Shui: Beli Lantai Paling Atas

Sabtu, 15-Mei-2021 19:40

Ilustrasi apartemen di Jakarta.
Foto : Istimewa
Ilustrasi apartemen di Jakarta.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Ilmu Feng Shui dari negeri Tiongkok banyak dipakai orang sebelum membeli sebuah hunian, termasuk apartemen yang banyak dicari anak muda. Feng shui merupakan filosofi Tiongkok kuno yang banyak digunakan untuk meningkatkan energi positif di hunian atau ruangan. 

Menurut feng shui, ada energi yang terkandung di setiap benda, ruang, dan makhluk hidup yang dinamakan Chi. Semua Chi yang terdapat dalam ruangan tersebut saling terkait. Dengan memanfaatkan kekuatan ini, diyakini dapat memberikan dorongan atau keseimbangan energi, yang akhirnya memberi kenyamanan, ketenangan, kebahagiaan, hingga kemakmuran bagi penghuni rumah. 

Menurut Feng Shui, energi tersebut bahkan bisa membawa keberuntungan, kesehatan, dan hal positif lainnya ke depannya. Meski dua banguan yang berbeda, namun ilmu fengshui untuk apartemen ataupun rumah secara umum sama perhitungannya. 

Keduanya sama-sama harus bisa mendatangkan energi positif, baik bagi penghuni maupun rumah.  Demi memperoleh energi baik itu, berikut ini beberapa tips feng shui yang bisa membantu Anda sebelum memilih apartemen yang tepat dilansir dari laman The Spurce, Jumat (14/5/2021). 

Lantai dan Lokasi Apartemen 

Jika memungkinkan, pilihlah kondominium di lantai atau tingkat yang lebih tinggi daripada di tingkat lebih rendah. Alasan feng shui dan real estate di baliknya sudah jelas. Semakin tinggi lantai, semakin sedikit kondominium di atas hunian Anda, yang berarti energi lebih ringan untuk unit apartemen Anda. 

Selain itu, lokasi yang tinggi membuat Anda memperoleh lebih banyak cahaya alami serta pemandangan yang lebih baik atau Chi yang jauh lebih baik masuk ke apartemen. Feng shui menyarankan agar menghindari kondominium yang langsung menghadap lift atau pintu tangga. 

Pilihlah kondominium yang agak jauh dari kesibukan, yang biasanya datang dari lift dan tangga.  Menurut Feng Shui Jika pintu unit apartemen dapat menghadap salah satu arah feng shui keberuntungan Anda, hal itu akan memberi energi yang luar biasa. Namun, jika tidak, tak usah khawatir. 

Denah Ruang dan Aliran Chi 

Sebelum membeli apartemen atau kondominium, sangat penting memeriksa aliran Chi atau energi positif melalui denah atau tata letak apartemen. 

Apakah pintu utama unit apartemen langsung menghadap tembok saat membuka pintu untuk masuk? Apakah pintu utama langsung masuk ke dapur?  Pastikan Chi sudah mengalir dengan lancar di apartemen atau Anda dapat menyesuaikan alirannya dengan dekorasi feng shui yang mudah dan pengaturan ulang furnitur. 

Misalnya, dari segi feng shui, Anda dapat menangani dinding yang menghadap ke pintu utama seperti mengubah posisinya.  Baca juga: Makna Buah-buahan dalam Feng Shui, Jeruk hingga Nanas Namun, pasti sangat sulit mengubah posisi kamar mandi atau dapur. Karena itu, perhatikan denah dan aliran Chi ini. Hindari memilih apartemen atau kondonium dengan denah demikian.

Lokasi dan Energi Bangunan 

Energi bangunan mempengaruhi energi unit apartemen di dalamnya. Karena Anda tidak memiliki kendali atas pintu masuk utama gedung, pastikan memilih dengan bijak. Pilihlah unit apartemen dengan pintu masuk utama yang bersih dan terang serta lokasi yang aman dan bersahabat. 

Selain itu, penting juga memperhatikan pintu utama atau gerbang utama gedung. Sebab, melalui pintu tersebut, energi dapat diserap atau ditarik. Pintu dengan kualitas energi yang kuat dan seimbang akan menarik Chi yang lebih baik untuk seluruh bangunan. 

Sementara itu, soal berapa jumlah bangunan atau kondominium tidak terlalu penting. 

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP