Netral English Netral Mandarin
17:16 wib
Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang dilaporkan melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per Minggu (17/1) pukul 12.00 WIB bertambah 11.287. Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih gelar juara turnamen Yonex Thailand Open 2021 setelah menyingkirkan pasangan tuan rumah.
Tips Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Senin, 28-December-2020 18:30

Tips diet sehat untuk mengurangi berat badan
Foto : Alodokter
Tips diet sehat untuk mengurangi berat badan
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebelum membahas tips diet untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan, ada baiknya kita mengerti dulu definisi dari kata “diet” itu sendiri. Hal ini menjadi penting karena diet kerap diartikan sebagai upaya menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanannya. Sehingga banyak yang beranggapan diet hanya perlu dijalani oleh orang yang merasa kegemukan dan ingin kurus. Padahal, pengertian diet yang seperti ini kurang tepat.

“Diet” sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yang artinya “makanan yang biasa dimakan”. Kata “diet” sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno yang artinya “cara hidup”. Dengan demikian, dapat diartikan makna asli dari diet adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup.

Diet dalam artian murni juga bisa diartikan sebagai pola makan bergizi seimbang untuk meraih tujuan tertentu. Hal ini tergantung dari masing-masing individu yang menjalankannya, ada yang berdiet untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga kesehatan, memulihkan kesehatan pascasakit, atau mengelola tubuh agar mencapai kondisi kesehatan pada level tertentu.



Pada pokoknya diet merupakan pengaturan pola makan yang sehat dan seimbang untuk membantu setiap organ tubuh bekerja lebih efisien. Jika nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik, metabolisme tubuh akan menurun, sehingga tubuh jadi lebih gampang sakit dan mengalami perubahan berat badan secara drastis.

Tips diet sehat menurunkan berat badan

Diet yang sukses tidak hanya diukur berdasarkan seberapa cepat berat badan Anda  turun, tetapi juga bagaimana Anda menjaga berat badan agar tetap stabil.

Hal paling penting dalam menjalani diet bukan hanya pada penurunan berat badan, melainkan juga gaya hidup yang dilakukan secara konsisten agar hasil diet yang dicapai bisa bertahan lama.

Ada beberapa tips diet yang harus diperhatikan ketika melakukannya, terutama bila tujuan utama melakukan diet adalah untuk menurunkan berat badan.

Untuk mencapai diet sehat yang sukses, ada tiga faktor yang perlu menjadi perhatian utama, yaitu pengendalian nafsu makan, penurunan berat badan secara bertahap, dan peningkatan metabolisme tubuh.

Bukan hanya berat badan yang ideal yang bisa didapatkan, dalam jangka panjang Anda juga dapat terhindar dari berbagai penyakit kronis, apabila Anda menerapkan aturan diet sehat berikut ini.

1. Hindari makanan berlemak dan kadar gula tinggi

Ilustrasi makanan berkadar gula tinggi (aameda.org)

Pemilihan jenis makanan yang tepat memegang peran penting untuk menjamin kesuksesan diet Anda. Makanan berlemak, berminyak, asin, dan manis, sebaiknya perlahan ditukar dengan makanan yang lebih sehat.

Beralihlah ke sayuran dan buah segar, daging merah dan putih tanpa lemak, ikan, kacang dan biji-bijian, susu dan produk susu rendah lemak, serta makanan kaya pati resisten.

Sebagai pengganti asupan karbohidrat sederhana dan gula yang biasanya tinggi kalori, Anda dapat mengonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat, seperti kacang-kacangan, pisang, roti gandum, dan nasi merah.

2. Atur porsi makan

Perlu diingat bahwa diet yang sehat bukan berarti harus memangkas porsi makan seminimal mungkin. Kuncinya adalah makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari agar semua fungsi tubuh dapat berjalan optimal.

Sebenarnya memang tidak ada aturan yang pasti mengenai perhitungan kalorinya. Total kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Namun, jika berencana menurunkan berat badan, idealnya Anda hanya perlu mengurangi 500 kalori setiap harinya. Dengan pengurangan ini, Anda dapat mengurangi 0,5-1 kilogram berat badan per minggu.

Perlu diingat, Anda harus memenuhi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dalam satu porsi makan. Pastikan dalam porsi sekali makan mengandung karbohidrat, protein (hewani atau nabati), lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral dari sayuran. Jangan lupa selipkan satu mangkuk buah-buahan sebagai camilan di antara waktu makan. 

Sebagai gambaran idealnya, bagilah piring Anda menjadi 4 bagian. Seperempat bagian untuk karbohidrat, seperempat bagian lagi untuk daging atau sumber protein, dan dua perempat bagian sisanya untuk sayuran. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli gizi yang terpercaya untuk mendapatkan porsi yang cocok dengan kondisi tubuh Anda. 

Namun perlu diingat, hindari makanan berat berlemak atau makanan berkadar gula tinggi, terutama ketika makan malam, agar berat badan Anda tetap terkontrol dengan baik.

3. Atur jadwal makan

Sebenarnya setiap waktu makan (sarapan, makan siang, dan makan malam) adalah penting bagi Anda. Tidak menjadi masalah bila Anda tetap makan sehari tiga kali asalkan memperhatikan aturan porsi seperti di atas.

Melewatkan salah satu waktu makan justru dapat membuat Anda cepat merasa lapar, kadar gula darah tidak stabil, bahkan membuat Anda mudah stres yang akhirnya menggagalkan rencana diet Anda.

Kuncinya, hindari makanan dengan kadar lemak tinggi dan berkalori tinggi. Selain itu, pastikan Anda selalu sarapan dengan makanan yang tinggi protein dan serat, agar bisa bertahan merasa kenyang hingga siang hari.

4. Kurangi gula dan garam

Banyak orang sering meremehkan cara diet sehat satu ini. Padahal, mengurangi porsi makanan atau minuman yang mengandung gula, garam, minyak, dan lemak adalah salah satu kunci kesuksesan diet sehat dan menjamin kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Perlu diingat, makanan berkalori tinggi merupakan awal mula timbulnya berbagai masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan, diabetes, tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

Kementerian Kesehatan merekomendasikan, sebaiknya tubuh kita mengonsumsi gula 4 sendok makan per hari, garam 1 sendok teh per hari, dan lemak 5 sendok makan per hari.

5. Olahraga teratur

Ilustrasi jogging (runtastic)

Agar diet Anda berjalan sukses, olahraga teratur juga memegang peranan penting. Pasalnya, tubuh Anda tetap perlu membakar ekstra kalori yang masuk, sekaligus juga untuk membentuk otot.

Mulailah olahraga secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari. Hal ini dapat dimulai dengan melakukan jalan santai atau jogging di sekitar lingkungan rumah.

Bila sudah terbiasa, hal itu terasa sebagai rutinitas, tidak lagi sebagai kewajiban yang mungkin memberatkan Anda.

6. Hentikan kebiasaan buruk

Selain hal-hal tersebut di atas, diet sehat juga akan sukses bila Anda menerapkan pola hidup sehat dengan menghentikan beberapa kebiasaan buruk Anda.

Kebiasaan buruk itu antara lain tidur larut malam. Idealnya manusia dewasa perlu istirahat 7-8 jam sehari.

Selain itu, berhentilah mengonsumsi minuman beralkohol, termasuk anggur (wine), karena memiliki kandungan kalori yang tergolong tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi minuman tersebut dapat menyebabkan berat badan bertambah. 

Tentunya juga hentikan kebiasaan merokok. Pasalnya, dalam setiap batang rokok terdapat banyak jenis zat racun yang dapat membahayakan tubuh yang dapat memicu sejumlah penyakit.

Coba katering sehat

Bila Anda kesulitan memilih menu apa saja yang harus disiapkan setiap hari, katering dapat jadi solusinya.

Saat ini banyak usaha katering yang menawarkan paket menu diet sehat yang rendah kalori dan bergizi. Setiap menu katering sudah diatur sedemikian rupa, mulai dari kandungan gizi, kebutuhan kalori, hingga banyaknya porsi, untuk membantu Anda berdiet.

Cara seperti ini juga akan lebih mudah membantu Anda dalam mengontrol penurunan berat badan. Jadi, jika Anda tidak mengikuti apa yang disediakan oleh penyedia katering, misalnya makan siang bersama rekan kerja atau klien Anda di restoran, tentu penurunan berat badan akan lebih sulit terjadi.

Reporter :
Editor : YC Kurniantoro