Netral English Netral Mandarin
21:36wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Tips Menata Ruangan agar Balita Anda Nyaman dan Aman

Kamis, 10-Juni-2021 13:20

Tips Menata Ruangan agar Balita Anda Nyaman dan Aman
Foto : Orami
Tips Menata Ruangan agar Balita Anda Nyaman dan Aman
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anda memiliki balita yang sedang aktif-aktifnya bermain dan tentu tak bisa diam hingga selalu ingin tahu dengan benda-benda di sekitarnya?

Apalagi jika Anda tinggal di rumah kecil, apartemen studio, hunian dengan lahan terbatas lain sebenarnya bukan halangan untuk menjalankan hidup berkualitas yang mendukung tumbung kembang balita.

Dalam artikel di National Literacy Trust, suasana di rumah berperan penting dalam kedekatan hubungan antara orang tua dan anak, proses belajar, juga kesehatannya.

Dilansir dari laman orami, berikut tips menata rumah untuk keluarga dengan balita berikut ini:

Gunakan Karpet Warna Gelap

Saat tinggal di rumah kecil, sofa dan karpet di ruang keluarga biasanya jadi spot favorit untuk kumpul keluarga maupun tempat beraktivitas balita.

Bisa bayangkan sendiri, apa saja yang bisa terjadi di sana? Mulai dari minuman yang tumpah, terkena tetesan minyak dari makanan, atau 'kecelakaan' balita yang muntah atau terlambat sampai ke kamar mandi.Menggunakan sofa dan karpet berwarna gelap bisa menyamarkan noda sehingga suasana rumah tetap terlihat serasi.

Pilih Furnitur Multifungsi

Tips menata rumah untuk keluarga dengan balita ini penting untuk diikuti bila Anda tinggal di hunian dengan luas terbatas, supaya rumah tidak sesak dengan barang tanpa menyisakan ruang untuk aktivitas balita dan keluarga.

Misalnya saja, Anda bisa menggunakan kursi yang dudukannya bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan mainan, sofa bed sebagai kursi ruang tamu, atau rak yang berfungsi sebagai partisi ruangan sekaligus tempat penyimpanan.

Manfaatkan Ruang Vertikal

Supaya semua ruang yang ada bisa difungsikan secara maksimal, pemanfaatan ruang vertikal juga menjadi bagian penting dalam tips menata rumah kecil.Selain bisa menggunakan rak tunggal vertikal untuk menyimpan segala mainan, buku, atau baju Si Kecil, Moms juga bisa membuat rumah terasa lebih asri dengan tambahan vertical garden.

Pastikan Semua Barang ada Tempatnya

Supaya rumah kecil terasa lebih luas dan nyaman digunakan balita beraktivitas, pastikan ada tempat untuk semua barang agar tidak berceceran atau menumpuk tidak teratur.Pastikan Moms tidak menyimpan barang yang tidak terpakai atau mengumpulkan barang hanya karena alasan sentimental, sampai-sampai mengorbankan ruang yang seharusnya bisa dipakai buah hati bermain.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati