Netral English Netral Mandarin
21:40wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Tips Menjaga Nafsu Makan Anak Selama PPKM

Sabtu, 17-Juli-2021 22:08

Jaga nafsu makan anak selama PPKM.
Foto : Paxal
Jaga nafsu makan anak selama PPKM.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dokter ahli gizi Arti Indira mengingatkan para orangtua mengenai pentingnya menjaga nafsu makan anak terlebih di tengah pendemi seperti sekarang guna menjaga daya tahan tubuh, terlebih pada anak yang terinfeksi COVID-19.  “Kalau untuk anak pastikan makannya itu punya penampilan yang menarik. 

Misalnya bikin sayur sop, isinya warna warni itu kan itu biasanya anak-anak lebih nafsu makan,” kata dokter Indira yang lulusan cum laude Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu dalam webinar membahas isolasi mandiri untuk penanganan COVID-19, Sabtu, (17/7/2021).  

Nafsu makan anak, lanjut Indira, sangat penting untuk anak-anak di tengah pendemi dalam upaya menjaga imunitas tubuh, dan turun atau hilangnya nafsu makan berkepanjangan dalam situasi seperti sekarang bisa berbahaya bagi kesehatan anak.  

Ia pun menyebutkan makanan yang disajikan untuk buah hati yang terpapar COVID-19 harus memenuhi standar pedoman gizi seimbang sehingga proses metabolisme tubuh bisa bekerja optimal dan sistem imun tubuh bisa bekerja dengan baik melawan virus-virus jahat pembawa penyakit.

Ada pun untuk porsi gizi seimbang yang harus dipenuhi dalam sebuah piring adalah setengah bagian untuk sayur dan buah, selanjutnya satu perempat bagian untuk karbohidrat kompleks, dan seperempat bagian untuk protein.Pastikan bahan-bahan yang diberikan juga merupakan bahan-bahan segar dan lebih disarankan bukan bahan super proses seperti sosis atau kornet.  

“Jadi berikan saja makanan yang disenangi tapi ingat harus memenuhi gizi seimbang ya. Bisa juga untuk buah-buahan kalau anaknya gak mau makan, dijadikan es loli yang benar- benar dibuat dari buah. Itu bisa juga meningkatkan nafsu makan anak,” ujar dokter yang aktif menjadi kreator konten di media sosial itu.Selain memberikan tampilan yang menarik, pemberian racikan jamu dengan rasa yang enak pun bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan nafsu makan tidak hanya pada anak tapi juga untuk orang dewasa di tengah penanganan COVID-19.

Salah satu rekomendasi olahan herbal atau pun jamu yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan nafsu makan ada kunyit dan temulawak.

Dilansir Antara, Anda bisa mengolah langsung olahan kunyit dan temulawak dari bahan segar atau bisa mengonsumsi langsung ekstrak berbentuk kapsul yang sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Kunyit pakai susu pun itu enak sekali, bisa jadi inspirasi untuk olahan jamu meningkatkan imun,” kata Ketua PDPPOTJI dokter Inggrid Kurnia menyarankan pilihan menu jamu untuk meningkatkan nafsu makan. 

Reporter : Antara
Editor : Sulha Handayani