Netral English Netral Mandarin
23:03wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Tips Produk UKM Anda Bisa Mendunia

Sabtu, 25-September-2021 21:20

UKM Jatim siap perangi pandemi dengan berbagai produksi.
Foto : Kemenparekraf
UKM Jatim siap perangi pandemi dengan berbagai produksi.
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Berbagai terobosan dilakukan guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Penguatan ekspor menjadi salah satu strateginya. Bersama dengan berbagai platform niaga elektronik (niaga-el/e-commerce) yang memiliki reputasi global, Kementerian Perdagangan membawa masuk usaha kecil dan menengah (UKM) ekspor ke dalam jaringan perdagangan internasional.

“Saat ini, pemasaran digital melalui platform niaga-el merupakan keniscayaan yang tidak dapat dihindari. Mau tidak mau, kita harus terjun langsung untuk menjadi pelaku dalam bisnis niaga-el dan masuk ke dalam pasar internasional,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi.

Menurut Didi, niaga-el merupakan salah satu metode untuk menembus pasar internasional dengan cara yang lebih efisien, dimana produk yang ditawarkan dapat diakses langsung oleh ribuan bahkan jutaan orang di dunia. “Hal ini harus kita manfaatkan dengan mengambil kesempatan yang ada dan bersaing dalam kancah internasional,” tegas Didi.

Dalam lokakarya ini, Kemendag turut menggandeng beberapa perusahaan untuk memberikan kiat-kiat memanfaatkan platform digital sebagai sarana pemasaran global bagi pelaku UKM. Kegiatan diikuti oleh sekitar 100 peserta yang terdiri atas para pelaku usaha dan pemangku kepentingan lainnya.

Sebuah perusahaan ekspor-impor Indonesia yang memiliki beberapa perusahaan lain di bidang logistik, pelatihan, konsultansi, dan perdagangan lainnya dan merupakan authoriazed partner Alibaba.com di Indonesia. Kemudian, ada  madeinindonesia.com adalah sebuah platform niaga-el bisnis ke bisnis (business to business/B2B) lintas batas pertama Indonesia yang dirancang untuk memberdayakan perusahaan Indonesia agar mampu bersaing di pasar internasional.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan menyampaikan, niaga-el kini telah menjadi salah satu media utama perdagangan global. Oleh karena itu, Kemendag dan Arise+ Indonesia membuat kajian mengenai hal tersebut dan secara berkelanjutan akan menyebarluaskannya kepada para pelaku usaha.

“Nantinya, kami juga akan berkolaborasi dengan berbagai platform digital agar hasil kajian tersebut dapat langsung diterapkan,” ujar Marolop, dalam siaran persnya Sabtu, (25/9/2021). 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati