Netral English Netral Mandarin
15:47wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Tips Sukses ala Denny Siregar, Bisnis Bukan Hanya Semata untuk Raih Keuntungan

Jumat, 14-Mei-2021 21:53

Denny Siregar
Foto : Kuyou.id
Denny Siregar
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Denny Siregar kembali memaparkan gagasan dan tips sukses dalam menyikapi bisnis Cryptocurrency. 

Ia menyarankan kepada  Anda agar tidak asal ikut-ikutan berbisnus Crypto selama belum memahami, memiliki dana berlimpah, dan yang terpenting, bisnis bukan hanya soal agar mendapat keuntungan besar semata. 

“Investasi di Kripto itu bisnis tambahan bukan utama.. Ingat, bisnis itu punya nyawa. Jadi masukkan jiwamu ke dalamnya. Kalau kamu gak menjiwainya, ya hancurlah dia. Kalau pengen main di Crypto, jadilah profesional disana,” saran Denny, Jumat 14 Mei 2021. 

"Catat, bisnis itu bukan untuk mendapat keuntungan besar. Tapi bagaimana meminimalkan resiko usaha..," imbuhnya.

Berikut catatan lengkap Denny Siregar: 

SECANGKIR KOPI DI MALAM HARI..

Aku hari ini ngajarin temanku..

"Anggaplah kamu punya uang 20 juta sekarang. Ada dua opsi, kamu main investasi atau kamu jadikan modal usaha. Anggap aja jual kaos metal misalnya. Itu passionmu.

Main investasi, kripto misalnya, kamu harus belajar banyak dulu sampe ngerti bener. Ini butuh waktu. Nah, sudah ngerti kamu maen deh. 

Beberapa hari kamu cuan 20 persen. Trus bbrp minggu kamu cuan lagi 40 persen. Lagi  Karena sering cuan, kamu merasa bahwa ini bisnis yang oke banget. Semua hidupmu dipertaruhkan disini. Kamu jadikan jalan ninjamu. Duitmu yang tadi 20 juta sekarang sudah 200 juta. Kamu masukkan semua.

Tapi pasar investasi bergerak gak stabil. Bisa jadi sesudah cuan, cuan, cuan tiba2 market crashed sehingga anjlok dalam. Dalam beberapa bulan, atau tahunan lah, semua modalmu habis dimakan bandar. Kamu jatuh, uangmu habis.

Bukan disitu saja kerugianmu. Rugi yang terbesar adalah waktu. Kamu sudah membuang waktu beberapa tahun untuk kembali ke awal, tempat dimana kamu mulai.

Coba misalnya kamu gerakkan uang itu sebagai modal. Beli kaos, sablon, jual di toko online. Untung cuman 3 persen.

Putar lagi, beli kaos lebih banyak, jual lagi, untung cuman 5 persen. Tapi sesudah 2 tahun, kamu sudah punya banyak pelanggan dan kamu makin profesional. Yang ada kamu terus maju dan kembangkan bisnismu sehingga menjadi bisnis yang aman.

Apakah ada kemungkinan rugi ? Ada pasti. Tapi gak mungkin sampe modalmu habis, kecuali kamu ditipu orang akibat sifat tamak pengen dapat untung sekejap. Yang pasti, pengalaman kamu bertambah, jaringan kamu membesar, dan siapa tau ada yang mau masuk dan investasi ke kamu supaya bisnismu bisa lebih besar. 

Orang percaya ke kamu, Bank suka ma kamu dan itulah modal terbesarmu..

Barulah ketika kamu sudah punya uang 200 juta, kamu masukin uang 20 juta utk main kripto. Hilang hilang deh, anggap aja bagian dari bisnis. Tapi bisnis utamamu tetap, dan berkembang besar. Investasi di Kripto itu bisnis tambahan bukan utama..

Ingat, bisnis itu punya nyawa. Jadi masukkan jiwamu ke dalamnya. Kalau kamu gak menjiwainya, ya hancurlah dia. Kalau pengen main di Crypto, jadilah profesional disana. Rasakan hancurnya. Tapi kalo kamu gak kuat ngeliat naik turunnya angka, bermainlah di bisnis yang kamu suka. 

Catat, bisnis itu bukan untuk mendapat keuntungan besar. Tapi bagaimana meminimalkan resiko usaha.."

Temanku ngangguk2, entah paham atau tidak. Tapi dari wajahnya kayaknya dia butuh sesuatu yang instan. Gak tahan liat, artis2 pamer Supercar kayaknya.. 

Seruput dulu kopimu, kawan..

Denny Siregar

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Nazaruli