Netral English Netral Mandarin
04:53wib
Enam belas tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) usai berlangsungnya matchday terakhir penyisihan grup, Kamis (24/6) dini hari WIB. Sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masuk kategori zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (covid-19) dalam sepekan terakhir
Tips Tangan Bebas Virus dan Kesehatan Kulit Tetap Terjaga

Sabtu, 08-Mei-2021 17:11

Ilustrasi penggunaan hand sanitizer.
Foto : Reference
Ilustrasi penggunaan hand sanitizer.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Menjaga higienitas secara ketat menjadi kebutuhan utama selama pandemi. Penggunaan sanitizer menjadi kebutuhan untuk perlindungan diri, terutama jika fasilitas mencuci tangan sulit ditemukan.

Selain itu, penggunaan sanitizer juga berguna untuk menjaga kebersihan barang-barang di sekitar agar terhindar dari berbagai virus dan bakteri.

Kendati demikian, laporan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan kelamin Indonesia (Perdoski) menunjukkan, ada efek samping yang sering muncul akibat penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol medis secara berulang.

Efeknya, penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan iritasi.

dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) menambahkan, mencuci tangan selama 20 detik dengan air mengalir dan sabun menjadi cara paling efektif untuk membunuh virus Covid-19.

“Data kepatuhan orang Indonesia mencuci tangan hanya 75%, jadi hand sanitizer bisa membantu untuk proteksi diri,” ujar dr. Kardiana.

Sesuai rekomendasi World Health Organization (WHO), kadar alkohol dalam sanitizer minimum 60% agar efektif membasmi virus dan bakteri.

Namun, kandungan alkohol medis tinggi ini berpotensi merusak sel kulit dan memperlambat proses regenerasi kulit.

Karena itu, disarankan untuk menggunakan sanitizer yang aman bagi kulit namun efektif memberantas virus dan bakteri. Hal tersebut dikatakan Melani D Astuti, GM Communication & Content Marina yang juga menambahkan, sanitizer sebaiknya mengandung alkohol natural.

Kandungan alkoholnya juga harus sesuai rekomendasi dan bisa juga yang mengandung eucalyptus oil dan aloe vera agar kelembutan kulit terjaga.

Selanjutnya, dr Kardiana juga memberikan tips agar masyarakat memilih hand sanitizer yang mengandung bahan desinfektan yang tepat.

Jika menggunakan bahan berbasis alkohol maka kandungan minimalnya 60?n dapat menggunakan kandungan berbahan natural yang mengandung pelembab, agar kulit higienis namun tidak mudah kering.  

Reporter : Irawan HP
Editor : Sulha Handayani