Netral English Netral Mandarin
banner paskah
02:56wib
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui penggunaan izin darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin Covid-19 Sinopharm dengan efikasi 78,1 persen. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa mudik Lebaran 2021, baik itu jarak jauh maupun jarak dekat, tetap ditiadakan.
Yang Lain Meninggal dan Ditangkap, Tokoh Baiat ISIS Tinggal Munarman, DS: Udah Jelas, Mau Ngeles apalagi Doi?

Minggu, 11-April-2021 10:35

Video proses bahit ISIS di Makassar beredar di sosial media
Foto : Twitter/Denny Siregar
Video proses bahit ISIS di Makassar beredar di sosial media
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Denny Siregar mengunggah video tentang sejumlah orang sedang baiat ke ISIS. Di dalamnya terlihat 4 orang duduk di mimbar dan salah satunya adalah Munarman. 

“Dari kika: 1. Munarman - Panglima FPI; 2. Fauzan al anshari - meninggal; 3. M Basri, napi teroris - meninggal di nusakambangan; 4. Bustar - moderator - ditangkap densus,” kata Denny, Minggu 11 APril 2021.

“Udah lengkap. Orang udah jelas gini kok, mau ngeles apalagi doi?” tegas Denny Siregar.

Sementara beberapa waktu silam, diberitakan Mantan Sekretaris Front Pembela Islam (FPI) Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Salim Syam membantah narasi ormas yang pernah diikutinya berbaiat ke ISIS. Dia menegaskan isu tersebut sudah dibantah pada 2015.

"FPI tidak pernah berbaiat terhadap ISIS. Coba nanti, itu kan ada penolakan dari kami terhadap ISIS itu, tahun 2015 yang dilakukan DPP terkait ISIS," ujar Agus saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (4/2/2021).

Agus membantah kesaksian salah seorang teroris, Ahmad Aulia, yang menyebut eks Sekum FPI Munarman menghadiri pembaiatan terhadap ISIS di Makassar pada 2015. Agus menuturkan Munarman hadir di acara tersebut sebagai narasumber, tidak ada kaitannya dengan peristiwa pembaiatan setia kepada ISIS yang saat itu berlangsung.

"Oh bukan, itu salah. Beliau hadir sebagai narasumber untuk memberikan bahan-bahan, kemudian secara berimbang, masalah waktu itu masalah lagi ribut-ributnya masalah Daulah Islamiah," ucapnya.

"Jadi beliau hadir sebagai narasumber, bukan untuk berbait dan segala macam. Justru berita ini yang perlu kita luruskan. Beliau hadir sebagai narsum diundang," tegas Agus.

Adapun pembahasan yang dibawa Munarman kala itu soal kondisi global. Agus memastikan Munarman sama sekali tidak menyinggung masalah ISIS.

"Beliau ada acara diskusi waktu itu. Beliau diundang sebagai narasumber untuk kemudian beliau menjelaskan tentang kondisi global dunia pada saat ini. Artinya beliau menjelaskan tentang bagaimana kondisi global dunia pada saat itu. Itu aja yang beliau jelaskan. Tanpa menyinggung-menyinggung masalah-masalah ISIS dan segala macam. Itu hoaks," pungkasnya.

Sementara itu, Munarman juga menepis kabar dia hadir dalam pembaiatan FPI kepada ISIS di Makassar pada 2015.

"Suka-suka merekalah bikin cerita," kata Munarman saat dihubungi secara terpisah.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto