Netral English Netral Mandarin
22:34wib
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan keputusan pemerintah untuk menggelontorkan dana triliunan rupiah ke perusahaan-perusahaan produsen minyak goreng dinilai sudah sangat tepat. Komisi Pemberantasan Korupsi mengembangkan kasus korupsi proyek infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan 2011-2016.
Transjakarta, Trans Kecelakaan Terus

Senin, 06-December-2021 14:35

Azas Tigor Nainggolan
Foto : Kolase Netralnews
Azas Tigor Nainggolan
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hari ini, Senin (5/12/21) sekitar pukul 09.10 WIB kembali terjadi kecelakaan bus Transjakarta di dekat halte Puri Beta, Ciledug. 

Bus Transjakarta menabrak lahan kosong karena ditinggal oleh pengemudinya. Setiap hari terus terjadi kecelakaan dialami oleh bus Transjakarta. 

Bus Transjakarta  terus alami kecelakaan menandakan bahwa tidak ada pengawasan dan penerapan SPM Transjakarta. 

Pengawasan SPM ini adalah tanggung jawab para direksi, yakni setidaknya direktur pelayanan, direktur operasional dan direktur teknis. 

Semua kejadian kecelakaan mirip dan terjadi setidaknya sejak  bulan Oktober 2021 lalu. 

Terus terjadi kecelakaan berarti terus terjadi pelanggaran SPM dan pengawasan oleh para direksi  Transjakarta tidak berjalan. 

Atas semua kejadian kecelakaan yang terus dialami, hampir setiap hari oleh bus Transjakarta ini, sudah semestinya  Pemprov DKI Jakarta mengaudit semua direksi dan manajemen Transjakarta. 

Audit menyeluruh dikarenakan sudah bobrok akutnya para direksi serta manajemen Transjakarta. Untuk itu Gubernur DKI Jakarta  harus melakukan audit menyeluruh terhadap Jakarta.

Melihat semua rentetan kejadian kecelakaan bus Transjakarta, sudah seharusnya Gubernur Jakarta juga merombak total  dan mengganti semua  direksi Transjakarta. 

Jika tidak ada pelayanan yang aman, nyaman, dan selamat dalam pelayanan Transjakarta maka direksilah yang pertama  harus bertanggung jawab. 

Jangan lempar kesalahan dan kerja buruk kepada operator, sopir atau orang lain jika pelayanan Transjakarta tidak aman, tidak nyaman,  tidak selamat, dan terus terjadi kecelakaan. 

Semua kejadian itu, sopir tidak bekerja dengan baik menandakan operasional tidak diawasi dan kecelakaan terus terjadi karena para direksi tidak bekerja membangun pelayanan Transjakarta yang aman, nyaman, dan selamat. 

Untuk itu para direksi harus bertanggung jawab dan  harus diganti dengan orang yang lebih baik agar pelayanan Transjakarta menjadi baik ke depannya.  

Sudah keterlaluan para direksi Transjakarta yang sekarang, tiap hari terjadi kecelakaan bus Transjakarta tanpa ada upaya memperbaiki pelayanan menjadi aman, nyaman, dan selamat.

Untuk itu saya meminta Pemprov DKI Jakarta segera pecat dan ganti direktur pelayanan, direktur operasional, dan direktur teknis Transjakarta. 

Mereka bertiga yang harus bertanggung jawab atas semua kejadian kecelakaan lalu lintas Transjakarta. 

Semua kejadian kecelakaan  ini dikarenakan direktur pelayanan, direktur operasional dan direktur teknis tidak bekerja. 

Mereka tidak tidak mengawasi dan menerapkan SPM dengan benar sehingga terus terjadi kecelakaan.

Jakarta, 6 Desember 2021

Penulis: Azas Tigor Nainggolan

Ketua FAKTA dan Analis Kebijakan Transportasi.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Nazaruli

Berita Terkait

Berita Rekomendasi