Netral English Netral Mandarin
14:16wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Trotoarnya Makin Indah, Geisz: Ga Ngerti tapi Sok Ngomong Jakarta, Gue Kasih Tahu Jalan Raden Saleh Adanya di...

Minggu, 07-November-2021 16:53

Ilustrasi revitalisasi trotoar di DKI Jakarta
Foto : Line Today
Ilustrasi revitalisasi trotoar di DKI Jakarta
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komisaris Ancol, Geisz Chalifah memberikan apresiasi kepada Gubernur Anies Baswedan yang telah mempercantik Jakarta dengan merevitalisasi trotoran di sejumlah jalan raya. 

Geisz kemudian menyindir pihak yang berseberangan politik dengan Gubernur Anies dengan menunjukkan lokasi Jalan Raden Saleh yang merupakan salah satu jalan raya yang kini dipercantik.

“Daripada salah melulu ga ngerti Jakarta tapi sok ngomong ttg jakarta. Gue kasih tau aja jalan Raden Saleh adanya di Jakarta Pusat,” kata Geisz Chalifah, Minggu 7 November 2021. 

"Rumah Sakit Cikini adanya di jalan Raden Saleh & dulunya bekas rumahnya Raden Saleh.Siapakah nama asli Raden Saleh?" imbuhnya.

Sebelumnya dilansir Dailynewsindonesia.com, semenjak Anies Baswedan menjabat sebagai orang nomor satu di Ibu Kota, perlahan demi perlahan Jakarta mulai di tata. Salah satunya penataan pada trotoar. Dia ingin trotoar sebagai lokasi interaksi antar-warga.

Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI, Tatak Ujiyati mengatakan penataan trotoar bukan hanya pada daerah-daerah yang berada di pusat kota. Melainkan mencakup seluruh kawasan di Jakarta.

“Jakarta memang bukan cuma Sudirman Thamrin. Kini giliran trotoar Kebayoran Baru ditata,” kata Tatak dikutip dari twitternya, Kamis, 29 Oktober 2021.

Kemudian, kata Tatak, baru-baru ini trotoar di kawasan Kebayoran Baru sudah mulai di tata menjadi lebih rapi dan ramah buat pejalan kaki. Selain itu dia juga mempertanyakan daerah mana yang belum di revitalisasi trotoar oleh Pemprov DKI.

 Wacana Jika Jabatan Gubernur Anies Diperpanjang“Ayo sebut daerah mana saja yg kamu tahu sudah direvitalisasi. Banyak wilayah sih,” ujarnya.

Dia mencontohkan hasil revitalisasi trotoar di wilayah Kemang, Jakarta Selatan. Menurutnya, Kemang kini memiliki trotoar yang lebar dan nyaman usai di revitalisasi. Dia pun mengaku terkejut saat berkunjung ke sana.

“Kemang punya trotoar lebar & nyaman setelah revitalisasi. Pas saya ke sana, bikin surprise perubahannya emang,” imbuhnya.

Kemudian salah seorang pejalan kaki, Rizki Subagja mengatakan trotoar di Jakarta saat ini menjadi nyaman dan lebar. Jika dibandingkan dengan trotoar sebelumnya.

 Polisi Bubarkan Massa di Depan Kantor DPP Demokrat“Trotoar sekarang tuh bagus ya, lebar dan nyaman untuk pejalan kaki,” kata Rizki saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Dia meminta ke Pemprov DKI untuk terus meningkatkan pembangunan trotoar di Jakarta.

Diberitahukan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Bina Marga merevitalisasi trotoar di lima wilayah kota administrasi Jakarta sampai akhir tahun 2021.

Selama tahun 2018-2020, Dinas Bina Marga sudah membangun trotoar seluas 760.305 meter persegi di 5 wilayah DKI Jakarta. Pada tahun 2021, trotoar yang akan dibangun kurang lebih 41.000 ribu meter persegi di 5 wilayah yang dikutip dari akun Instagram @dkijakarta.

Pada 1 September 2021 progres revitalisasi tersebut:

1.Kawasan Kebayoran BaruJalan Senopati (32 persen)-Jalan Suryo (32,35 persen)-Jalan Wolter Monginsidi (45,30 persen)

 Keindahan Waduk Daan Mogot, Jadi Destinasi Wisata Baru Di Kota Jakarta2.Jalan Duri Kosambi Raya (21,40 persen)

3.Jalan Tebet Raya Lanjutan (32,685 persen)

4.Jalan Raden Saleh (16,39 persen)

5.Kawasan Sentra Primer Barat

– Jalan Puri Wangi (15,65 persen)

– Jalan Pesanggrahan (8,62 persen)

6.Jalan Layur (65,51 persen)

7.Kawasan Taman Segitiga

– Jalan Gorontalo Raya, Jalan Gadang dan Jalan Gorontalo II (6,81 persen)

Diberitahukan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim, Pemprov DKI telah merevitalisasi trotoar sepanjang 134 kilometer pada 2017-2019. 

Merevitalisasi trotoar di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin pada 2017-2018. Revitalisasi trotoar diperluas pada tahun ini di lima wilayah kota.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto

Berita Terkait

Berita Rekomendasi