Netral English Netral Mandarin
14:04wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Tujuh Konten Milik Paul Zhang di YouTube Tak Bisa Lagi Diakses, Ini Sebabnya

Selasa, 20-April-2021 10:50

Paul Zhang, pelaku ujaran kebencian.
Foto : Antara
Paul Zhang, pelaku ujaran kebencian.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - YouTube sudah memblokir tujuh konten milik Paul Zhang. Konten miliknya yang berisi ujaran kebencian tak bisa lagi diakses.

Ternyata, Kementerian Komunikasi dan Informatika melayangkan surat pada YouTube agar memblokir akun Paul Zhang karena berisi ujaran kebencian itu.

"Pada tanggal 19 April 2021, tujuh konten di YouTube tersebut telah diblokir dan tidak dapat diakses lagi oleh warganet," kata juru bicara Kominfo Dedy Permadi dalam keterangan resmi, Selasa (20/4/2021).

Kominfo mengirimkan permintaan blokir ke YouTube untuk tujuh konten, termasuk salah satunya konten berjudul "Puasa Lalim Islam" yang kontroversial.

Aksi Paul Zhang memenuhi pelanggaran Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Pasal 28 Ayat (2) juncto Pasal 45A.

Pasal tersebut menyebutkan bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar. 

Joseph Paul Zhang atau yang memiliki nama asli Shindy Paul Soerjomoeljono diketahui berada di luar Indonesia sejak 2018.

Seperti dilansir Antara, dia tercatat meninggalkan Indonesia menuju Hong Kong pada tahun itu.

 

 

Reporter :
Editor : Irawan HP