3
Netral English Netral Mandarin
01:27 wib
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beserta keluarga dan stafnya diketahui menerima suntik vaksin virus corona (Covid-19) secara gratis. Pakar menyebut Virtual Police atau Polisi Virtual yang diluncurkan Bareskrim Polri membuat masyarakat takut untuk mengeluarkan pendapat di media sosial.
Tunggu Kemarau, Solusi Atasi Banjir DKI Tanpa Biaya, AA: Saya Yakin Anies Gak Ngomong Gini tapi...

Sabtu, 20-Februari-2021 13:20

Gubernur Anies kunjungi korban banjir
Foto : Antara
Gubernur Anies kunjungi korban banjir
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan bahwa banjir yang terjadi di ibu kota pada 2021 ini cukup terkendali jika dilihat berdasarkan jumlah RT terdampak. Dari total 30.470 RT di Jakarta, dia menyebut hanya ada 116 RT yang terendam.

"Saat ini ada 116 RT yang di situ ada genangannya, yaitu 0,38 persen. Jadi ada sekitar total 116 RT dari 30.470 RT," ujar Anies, Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Namun, di sosial media, banyak netizen tetap memandang aneh dan meragukan dengan pernyataan Anies Baswedan. Sampai-sampai, Dosen Universitas Indonesia Ade Armando ikut membagikan foto bertuliskan catatan lucu tetapi jelas mengandung hoax.

"Saya yakin Anies gak ngomong gini. Tapi tetep aja lucu...," tulis Axde Armando, Sabtu (20/2/21).

Ia juga memosting gambar bertuliskan pernyataan yang tidak benar tersebut.

"Pendapat yang Jelas dan Akurat dari seorang Gubemur yang Cerdas: 'SOLUSI MENGATASI BANJIR ITU SANGAT MUDAH DAN TANPA BIAYA TINGGALTUNGGU MUSIM KEMARAUTIBA' KECERDASAN GUB.DKI MEMANG TAK TERTANDINGI." 

Sebelumnya diberitakan, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berprinsip bahwa penanganan banjir kali ini harus memenuhi 2 target. Pertama, bila terjadi hujan lebat harus dipastikan surut dalam waktu 6 jam setelah hujan reda. Kedua, tidak ada korban jiwa.

"Dan yang ketiga adalah 3 galang. Insyaallah kita akan bisa melewati masa musim penghujan ini dengan baik," ucap Anies.

Anies sebelumnya mengklaim, bahwa penanganan banjir tahun ini cukup berdampak baik dengan adanya program gerebek lumpur.

"Kita bersyukur bahwa program gerebek lumpur yang kita jalankan dalam beberapa bulan terakhir telah menunjukkan hasilnya. Di mana saluran-saluran air dalam sistem drainase di Jakarta, sendimentasinya bisa dibersihkan. Sehingga bisa mengelola limpahan air hujan dengan lebih baik," ucap Anies, Senin (8/2/2021).

Meski menunjukan hasil yang diharapkan, Anies mengingatkan warga Jakarta agar tetap waspada mengingat musim hujan belum usai. Untuk itu, ia juga meminta tim penjaga pintu air, Dinas Sumber Daya Air, dan pihak terkait penanganan banjir agar tetap saling berkomunikasi.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto