Netral English Netral Mandarin
09:20wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
UAS Bakal Menjadi Ketua PBNU? EK: Lho, Nanti yang Jadi Kernet Kapal Selam Siapa?

Jumat, 08-Oktober-2021 05:27

Ustaz Abdul Somad
Foto : Berita Beta
Ustaz Abdul Somad
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ustaz Abdul Somad dikabarkan didukung banyak pihak agar bisa menjadi Ketua PBNU.

Namun, pegiat media sosial Eko Kuntadhi justri menyindir nyinyir terhadap keberadaan UAS yang sebelumnya sering dikaitkan dengan aksi penggalangan dana pembelian kapal selam.

“Lho, nanti yang jadi kernet kapal selam siapa?” cuit Eko Kuntadhi melalui akaunTwitternya, Jumat 8 Oktober 2021.

Untuk diketahui, Ustaz Abdul Somad menang telak atas KH Said Aqil Siraj dalam polling tentang "Siapa Menurut Anda Yang Lebih Layak dipilih AHWA Sebagai Rais Amm PBNU dalam Muktamar NU Desember 2021 Nanti? SAS Atau UAS?"

Ustaz Abdul Somad yang populer dengan sebutan UAS meraih suara sebanyak 93,2%, sementara KH Said AAqul Siraj atau SAS meraih 6,8% suara ketika klikanggaran.com mengecek hasil polling pada Jumat (1/10/2021) pukul 19.42.

Jauh sekali selisih suara antara Ustaz Abdul Somad dan KH Said Aqil Siraj hingga mencapai 86,4 %. Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) bakal diselenggarakan pada 23-25 Desember 2021.

Dari informasi pada laman web pollingkita.com seperti  dinukil klikanggaran.com, diketahui informasi bahwa polling dibuat pada 27/09/2021 Jam 19:52 WIB. Polling ini memiliki opsi jawaban dan sudah menerima 2082 suara.

Admin pollingkita.com memberikan catatan bahwa melakukan pemilihan berulang kali tidak diperbolehkan. Pemeriksaan duplikasi didasarkan pada alamat IP pemilih. Pollingkita.com tidak mentolerir setiap kecurangan yang dilakukan dan akan menganulir semua suara yang berindikasi dilakukan oleh bot.

Sementara, di kalangan pengurus cabang atau wilayah NU, nama Said Aqil Siroj dan Yahya Cholil Staquf menguat di bursa Ketua Umum PBNU.

Ketua PWNU DKI Syamsul Maarif, pada Jumat (1/10/2021), mengatakan bahwa selama ini dua calon yang sudah menguat, satu Kiai Said Aqil Siroj sebagai incumbent, Yahya Staquf itu.

Syamsul juga menegaskan bahwa Yahya Staquf itu memang sudah declare, tetapi kalau Kiai Said siap maju karena diminta oleh banyak wilayah karena dianggap membawa NU lebih bagus, terutama di dunia pendidikan.

Terkait dengan mekanisme pemilihan Ketua Umum, Syamsul mengatakan sempat muncul perbedaan pendapat di Munas dan Konbes NU 2021.

Namun, Syamsul menyampaikan bahwa mayoritas peserta Konbes dan Munas NU menyetujui bahwa Ketua Umum dipilih oleh pemilik suara yang sah, yaitu PWNU dan PCNU.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati