Netral English Netral Mandarin
22:20wib
Enam belas tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) usai berlangsungnya matchday terakhir penyisihan grup, Kamis (24/6) dini hari WIB. Sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masuk kategori zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (covid-19) dalam sepekan terakhir
UAS Serukan Umat Islam Galang Dana Beli Kapal Selam Bukan Mimpi di Siang Bolong, HNW Tunjukkan Buktinya

Selasa, 27-April-2021 15:15

Hidayat Nur Wahid dan Ustaz Abdul Somad
Foto : Kolase Tribunews
Hidayat Nur Wahid dan Ustaz Abdul Somad
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politikus senior PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) mendukung gagasan Ustaz Abdul Somad yang mengajak umat galang dana untuk membeli kapal selam usai kecelakaan KRI Nanggala-402. 

Menurutnya, gagasan UAS bukanlah mimpi di siang bolong dan mengada-ada. Buktinya, gagasan serupa pernah diwujudkan. Tempo dulu, masyarakat Aceh galang dana untuk membeli pesawat terbang RI pertama. 

“UAS & Masjid Jogokaryan Ajak Patungan Beli Kapal Selam. Dulu Umat Islam di Aceh “patungan” bantu RI beli Pesawat Terbang yg pertama,” kata HNW, Selasa 27 April 2021,

“Semoga lebih menyemangati unt hadirkan marwah Negara. Anggaran unt IKN direalokasi unt pembaharuan alutsista, itu lebih perlu,” imbuhnya.

Sebelumnya, apreasi kepada UAS juga disampaikan oleh Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengapresiasi semangat patriotisme tersebut.

"Tentu patut kita apresiasi semangat patriotisme yang ditebar oleh para tokoh agama tersebut dan negara sangat menghormati," kata Dahnil kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Dahnil mengatakan, di balik duka akibat peristiwa ini, sikap tolong-menolong patut disuarakan untuk saling menguatkan. Dari ajakan UAS tersebut, Dahnil mengungkap ada semangat untuk bangkit bersama.

"Saat ini kita sangat berduka terkait dengan gugurnya para prajurit-prajurit terbaik kita para crew KRI Nanggala-402, segala upaya ajakan untuk bersatu dan saling tolong menolong, berempati dan simpati patut terus disuarakan, sebagai anak bangsa kita harus saling menguatkan bukan saling menegasikan," ujarnya.

"Jadi, negara menangkap pesan semangat patriotisme untuk bergotong royong dan bangkit bersama, itu yang paling penting," lanjut Dahnil.

Lantas, apakah Kemenhan akan menerima hasil dari donasi tersebut?

"Kami concern menangkap pesan dan semangat tokoh agama tersebut sebagai pendakwah. Dan semangat itu positif tanpa perlu berburuk sangka dengan berbagai praduga," kata Dahnil.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P