Netral English Netral Mandarin
10:53wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
UAS Larang Pelihara Anjing, Amal Berkurang Sebukit Uhud, EK: Kasihan, Padahal Menjanjikan Surga

Rabu, 16-Juni-2021 14:12

Ustaz Abdul Somad
Foto : Suara.com
Ustaz Abdul Somad
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Eko Kuntadhi menanggapi ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang menyebut bahwa siapa yang memelihara anjing akan berkurang amalnya sebesar bukit uhud. 

“Kasian pemuda Al Kahfi. Pahalanya hilang sebesar gunung Uhud. Padahal Allah menjanjikan surga pada mereka...,” kata Eko Kuntadhi, Rabu 16 Juni 2021.

Sebelumnya diberitakan, Ustaz Abdul Somad (UAS) baru-barun ini membicarakan hukum memelihara anjing. Dia menyebutkan, bahwa pelihara anjing dapat kurangi amalan setiap hari.

Ungkapan Ustaz Abdul Somad itu dilihat pada sebuah kanal YouTube Doa Ibu pada 24 Maret.

Pada video itu Ustaz Abdul Somad saat berceraman berjudul ‘Siapa yang Memelihara Anjing Satu Hari Amalnya Dikurangi Sebesar Bukit Uhud’

Disitat dari Terkini.id, Rabu (16/6/2021), pada awal video, UAS mengatakan bahwa rumah orang yang memelihara anjing tidak akan dimasuki oleh malaikat.

“Tapi malaikat yang tidak masul itu malaikat rahmat. Malaikat maut masuk,” ungkapnya.

UAS kemudian menyebut konsekuensi lain bagi orang yang memelihara anjing, yakni dikurangi pahalanya.

“Siapa yang memelihara anjing, satu hari amalnya dikurangi sebesar bukit Uhud,” tegasnya.

Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau itu menerangkan bahwa bukit Uhud memiliki panjang 7 kilometer.

“Siapa di antara kalian yang memelihara anjing di rumah, satu hari amal kalian dikurangi sebesar bukit Uhud, sementara amal kalian satu hari sebesar bisul,” ujarnya disambut tawa jemaah.

Oleh sebab itu, UAS menyarankan bagi orang yang memelihara anjing untuk melepaskan peliharaannya tersebut.

“Pak Ustaz, bagaimana dengan kepolisian yang memelihara anjing Herder? Itu untuk tugas,” jelasnya.

Di akhir video, UAS juga sempat berkelakar bahwa binatang yang paling tajam penciumannya adalah cacing namun tak dipakai kepolisian karena tak bisa lari.

“Gimana mau mengejar pencandu narkoba bawa koper cacing,” kata UAS yang disambut tawa keras jemaah.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sulha Handayani