3
Netral English Netral Mandarin
16:58 wib
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beserta keluarga dan stafnya diketahui menerima suntik vaksin virus corona (Covid-19) secara gratis. Pakar menyebut Virtual Police atau Polisi Virtual yang diluncurkan Bareskrim Polri membuat masyarakat takut untuk mengeluarkan pendapat di media sosial.
Uji Emisi Kendaraan, Dimana dan Berapa Biayanya?

Kamis, 28-January-2021 10:20

Uji emisi diberlakukan Pemprov DKI Jakarta.
Foto : GridOto
Uji emisi diberlakukan Pemprov DKI Jakarta.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui  Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang uji emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, mulai memberlakukan uji emisi pada 24 Januari 2021.

Bagi pemilik kendaraan, baik sepeda motor dan mobil yang sudah berusia 3 tahun di Jakarta, wajib melakukan uji emisi gas buang. Kendaraan yang tidak melakukan uji emisi dan/atau tidak lulus emisi gas buang akan dikenakan disinsentif sesuai Peraturan Gubernur No.66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Sejumlah bengkel di DKI Jakarta siap melayani uji emisi kendaraan, ada yang gratis (dengan syarat tertentu) ada juga berbayar.Motor yang tidak olos uji emisi akan dikenakan denda sebesar Rp 250 ribu.

Dalam pengawasannya, peraturan tersebut terkait dengan perundang-undangan mengenai lalu lintas dan angkutan jalan sehingga pelanggar akan diancam denda maksimal Rp 500.000 untuk mobil dan Rp 250.000 untuk sepeda motor. Selain itu, sertifikat lolos uji emisi juga menjadi syarat untuk melakukan perpanjangan masa berlaku pajak kendaraan bermotor.

Honda Prospect Motor (HPM) menyiapkan layanan uji emisi gratis kendaraan bagi pelanggan aktif yang melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Honda paling tidak satu kali dalam setahun ke belakang.

Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menjelaskan hampir semua dealer Honda di Jakarta memiliki layanan uji emisi.

"Untuk konsumen aktif yang melakukan perawatan berkala kendaraannya tidak dikenakan biaya, selain konsumen aktif akan dikenakan biaya sebesar Rp 150.000," jelas yusak, dilansir Kontan,

Sementara itu, Auto2000 melalui bengkel-bengkel resminya menetapkan kebijakan bagi pelanggan yang hendak melakukan uji emisi kendaraan dengan tidak memungut biaya alias gratis.

Namun sebaliknya, apabila pemilik mobil Toyota yang hanya ingin melakukan uji emisi kendaraan saja, maka biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp150 ribu.Setiap kendaraan yang sudah melakukan uji emisi dan dinyatakan Lulus Uji Emisi di bengkel Auto2000 akan didaftarkan oleh Service Advisor (SA) ke sistem atau situs web ujiemisi.jakarta.go.id.

Selain itu, akan diberikan barcode atau nomor hasil uji emisi yang dapat dilihat di aplikasi mobile E-Uji Emisi.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani