Netral English Netral Mandarin
03:57wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Ungkapan Aprilio Manganang pada Dirinya di Masa Lalu yang Sempat Menjadi Wanita: Terima Omongan Menyakitkan dan Caci Maki

Jumat, 30-Juli-2021 11:30

Transformasi Aprilio Manganang.
Foto : IDN.
Transformasi Aprilio Manganang.
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Anggota TNI Aprilio Perkasa Manganang ungkapkan isi hati pada dirinya sendiri di masa lalu, yang sempat menjadi wanita dengan nama Aprilia Santini Manganang. 

Pernyataan itu disampaikan Aprilio sambil mengunggah potret transformasi dirinya di Instagram. Aprilio menunjukkan potret dirinya saat masih dianggap sebagai wanita, saat dirinya basih bersekolah, hingga dirinya kini telah menjadi laki-laki sejati dengan seragam TNI yang gagah. 

“Aku tauu rasa sakit yang kamu jalanin selama ini, tapi kamu harus tauu kamu membuka jalan yang terbaik,” kata Aprilio, dikutip dari unggahan Instagram pribadinya, manganang92, Jumat (30/7/2021). 

Aprilio yakini bahwa banyak pihak yang tidak tahu apa yang dirinya rasakan dahulu saat masih menjadi Aprilia. Tetapi Aprilio mengakui bahwa dirinya di masa lalu begitu kuat menjalani perjalanan hidup, demi orang tua dan semua sudah dibuktikan. 

“dengan omongan2 yang sagat sakit, caci maki dan kamu sendiri ga bisa jadi diri kamu sendiri tapi kamu bisa lewatin semua ituu..,” kata Aprilio mengenang masa lalunya. 

Aprilio bangga kepada dirinya sendiri yang mampu membuka mata setiap orang, bahwa dirinya layak untuk hidup dan dihargai. Dirinya kini telah membuktikan bahwa kesuksesan bukan berarti apa yang dimiliki melainkan kebahagiaan jati diri. 

“sampe kamu membuka mata manusia bahwa kamu layak untuk hidup dan dihargain, thanks Aprilia santini manganang *emoticon*,” ucap Aprilio pada masa lalu dirinya. 

Seperti diketahui Serda TNI ini pernah mengharumkan nama Indonesia sebagai atlet voli dan berkompetisi sebagai seorang wanita. Pada 19 Maret 2021, dia kemudian mengikuti sidang penggantian jenis kelamin dan penggantian nama. 

Aprilio dengan panggilan Lanang ini diketahui mengalami kelainan kelamin yang bernama hipospadia. Lanang yang sempat di cap sebagai wanita kemudian menjalani rangkaian operasi, perawatan dan pemulihan hingga kini telah menjadi lelaki seutuhnya. 

 

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani