Netral English Netral Mandarin
10:04wib
Sejumlah Guru Besar meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memeriksa Firli Bahuri Cs. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkelakar bakal menjadi tim sukses Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2024 mendatang.
Ungkit Ucapan Hanum Rais soal Ratna Sarumpaet, DT: Kartini Masa Kini di Dunia Kadrun Guys

Kamis, 22-April-2021 10:40

Pernyataan lawas putri Amien Rais, Hanum Rais, yang menganggap Ratna Sarumpaet dan Neno Warisan sebagai 'Kartini masa kini'.
Foto : Twitter
Pernyataan lawas putri Amien Rais, Hanum Rais, yang menganggap Ratna Sarumpaet dan Neno Warisan sebagai 'Kartini masa kini'.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pada peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4/2021) kemarin, politisi PDIP Dewi Tanjung mengungkit pernyataan lawas putri Amien Rais, Hanum Rais, yang menganggap Ratna Sarumpaet dan Neno Warisan sebagai 'Kartini masa kini'.

Melalui akun Twitternya, Dewi menyindir Ratna dan Hanum dengan menyebut 'Kartini masa kini di dunia kadrun'.

Dewi juga mengunggah poster yang memperlihatkan Hanum Rais merangkul Ratna Sarumpaet. Dalam gambar itu juga dicantumkan kutipan pernyataan Hanum soal Ratna sebagai Kartini masa kini.

Adapun foto tersebut merupakan tangkapan layar dari video yang viral pada 2019 lalu saat kasus hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet.

"Kartini masa kini di dunia Kadrun guys," sindir @DTanjung15.

Seperti diketahui, Ratna Sarumpaet divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Juli 2019 lalu karena terbukti menyebar berita bohong atau hoax soal penganiayaan dirinya.

Sebelum kasus penganiayaan itu dinyatakan hoax, Hanum Rais sempat mengunggah video dirinya bersama Ratna Sarumpaet di akun media sosialnya pada Oktober 2018 lalu.

Dalam video itu, Hanum Rais berjalan sembari memapah Ratna Sarumpaet yang tampak lemah dengan wajah sedikit lebam dan pelipis di plester. Hanum pun berkata, Ratna Sarumpaet dan Neno Warisan adalah Cut Nyak Dien dan Kartini masa kini.

"Saat ini saya bersama Bunda Ratna Sarumpaet, saya bisa merasakan, beliau buat saya adalah Cut Nyak Dien masa kini, Kartini masa kini adalah Bunda Ratna Sarumpaet dan mungkin Bunda Neno Warisman," ucap Hanum yang terlihat menitikkan air mata disertai suara parau menahan tangis.

"Dan mudah-mudahan mengilhami ribuan Neno Warisman dan juga Ratna Sarumpaet di Indonesia, salah satunya mudah-mudahan saya jadi bagian dari perjuangan ini ya, bunda," ucapnya sambil merangkul pundak Ratna.

Sehari setelah video itu diunggah, polisi mengungkap tidak ada bukti penganiayaan terhadap Ratna. Pada hari yang sama, Ratna mengakui telah berbohong. Ia menyatakan tidak pernah mendapat kekerasan fisik. Mukanya lebam merupakan efek setelah operasi sedot lemak.

Setelah pengakuan Ratna, video tersebut dihapus oleh Hanum. Namun demikian, banyak netizen yang telah menyebarkan video itu di media sosial. Alhasil, putri Amien Rais itu banjir kritik dan cibiran dari warganet lantaran menyamakan Ratna dengan Cut Nyak Dien dan Kartini. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati