Netral English Netral Mandarin
14:54wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Untuk Pertama Kalinya, Jengkol dari Sumbar Tembus Pasar Jepang

Senin, 16-Agustus-2021 06:20

Ilustrasi buah jengkol.
Foto : Shopee
Ilustrasi buah jengkol.
26

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Buah jengkol ternyata juga digemari oleh warga Jepang. Buktinya, jengkol atau jering asal Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat berhasil jadi salah satu komoditas pertanian untuk diekspor negeri sakura tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Karantina Pertanian Padang, jengkol asal Sumbar sebelumnya belum pernah sama sekali masuk pasar ekspor.

Namun, tercatat sebanyak 100 kilogram jengkol diekspor tujuan Tokyo, Jepang telah melewati sertifikasi karantina pertanian.

Buah yang masuk kategori polong-polongan dengan nama latin archidendron pauciflorum ini tidak disangka masuk dalam jajaran komoditi ekspor pertanian, meskipun volumenya masih relatif kecil.

Artinya peluang komoditas pertanian asal Sumbar di pasar luar negeri terus terbuka setelah banyak komoditas pertanian Sumbar berhasil melenggang di pasar mancanegara, kini giliran jengkol masuk ke Jepang.

Meskipun menurut informasi dari eksportir bahwa permintaan jengkol ke Jepang adalah dari perantau Minang di negara itu, namun ini bisa menjadi catatan penting bahwa mata komoditi yang dapat diekspor semakin bertambah.

Demikian juga dari sisi nilai ekspor jengkol, saat ini bisa saja masih relatif kecil, namun jika permintaan semakin sering dengan jumlah meningkat bukan tidak mungkin jengkol menjadi salah satu andalan ekspor komoditi pertanian ke depan.

Bentuk ekspornya, bisa selain dalam bentuk buah utuh, bisa juga dalam bentuk pangan olahan.

Seperti dilansir dari Antara, di dalam negeri, di sejumlah daerah bahkan harga 1 kg jengkol sering kali menembus harga tinggi yang bahkan bisa melebihi harga 1 kg daging ayam, atau mendekati harga 1 kg daging. Tentu ini menjadi untuk memenuhi pasar ekspor, harga jengkol juga dipastikan akan melebih harga di dalam negeri. 

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP