Netral English Netral Mandarin
14:28 wib
Tersiar informasi bahwa Kejaksaan Agung memeriksa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan karena adanya unrealized loss investasi. Dibalik suksess harum bumbu masak mi instan indomie ternyata ada Hj Nunuk Nuraini yang kemarin, Rabu, (27/1/2021), tutup usia.
Usai Jalani Fit and Proper Test, Dhany Sukma Siap jadi Walkot Jakpus

Selasa, 08-December-2020 21:00

Calon Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma
Foto : Istimewa
Calon Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dhany Sukma menyatakan kesiapannya mengemban amanah sebagai Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, menggantikan posisi Bayu Meghantara.

Hal itu dikatakan Dhany usai menjalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Selasa (8/12/2020) siang.

“Ya siap, amanah harus siap kami jalankan dengan penuh tanggub jawab,” kata Dhany kepada wartawan di DPRD DKI Jakarta pada Selasa (8/12/2020).



Dhany mengaku, telah dicecar beberapa pertanyaan oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik dan Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono bila menjadi Walkot Jakpus. Saat ini, Dhany masih mengemban amanah sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta.

“Tadi hanya diskusi saja dengan dewan, dan saya pernah menjadi Sekel (Sekretaris Lurah), Wakil Lurah dan Camat di wilayah Jakarta Selatan,” ujar Dhany.

Menurutnya, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi bila menjadi Wali Kota Jakarta Pusat. Di antaranya mengenai kondusivitas wilayah karena Jakarta Pusat menjadi daerah yang strategis dan menjadi pusat kota di Jakarta.

“Yang pasti Jakpus itu pusat pemerintahan, pusat ekonomi kemudian tempat perwakilan negara-negara lain di Jakarta, sehingga kalaupun ada ukuran keberhasilan sesuatu daerah itu standarnya internasional. Itu membuat energinya harus besar mengelola kota,” jelas Dhany.

Dalam kesempatan itu, Dhany mengaku tidak mendapat tawaran khusus dari Anies untuk mengemban amanah sebagai Walkot Jakpus. Namun dia mendapat undangan untuk mengikuti fit and proper test di DPRD DKI Jakarta.

“Yah langsung undangan ini (fit and proper test). Jadi ada undangan, kami langsung ikut fit and proper test. Dan ini baru persyaratan administratif saja,” ungkap Dhany.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan nama Dhany Sukma, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Anies meminta pertimbangan kepada dewan untuk dapat mengangkat Dhany sebagai Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, atau mengganti Bayu Meghantara yang dicopot beberapa waktu lalu.

Usulan itu tertuang dalam surat bernomor 439-071.821 tentang permohonan pertimbangan Ketua DPRD DKI Jakarta dalam pengangkatan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat. Surat itu ditetapkan Anies pada Jumat (27/11/2020) lalu.

Surat itu menjelaskan, Anies mengajukan nama Dhany Sukma karena posisi Bayu Meghantara sebagai Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat akan dimutasikan ke dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama lain di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. “Dengan hormat kami mohon pertimbangan pengangkatan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat dengan data sebagai berikut,” tulis Anies melalui suratnya yang dikutip pada Kamis (3/12/2020).

Saat ini jabatan Wali Kota Jakpus sementara diisi oleh Irwandi Wakil Wali Kota Jakpus sebagai Pelaksana harian (Plh) Wali Kota. Adapun Wali Kota Jakpus sebelumnya, Bayu Meghantara dicopot dari jabatannya karena dianggap lalai terhadap instruksi gubernur mengenai kerumunan massa di Petamburan, Tanah Abang, pada Sabtu (14/11/2020) lalu.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati