Netral English Netral Mandarin
01:36wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Usai Lebaran, Begini Jaga Asam Urat Anda agar Tak Kambuh

Senin, 17-Mei-2021 16:40

Perhatikan asam urat Anda usai mengonsumsi hidangan serba santan.
Foto : HelloSehat
Perhatikan asam urat Anda usai mengonsumsi hidangan serba santan.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Asam urat seringkali terjadi usai Anda mengonsumsi hidangan serba santan di hari Raya Idul Fitri. Namun, agar asam urat Anda tak kambuh, ada beberapa cara mengatasinya.

Penyakit yang kerap menyerang persendian ini akan menyebabkan penderitanya sulit bergerak. Saat asam urat kumat atau kambuh, persendian akan mengalami peradangan dan pembengkakan. Akibatnya persendian mengalami nyeri, kaku dan sulit digerakkan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi asam urat Anda jika kebetulan kambuh masih dalam suaran hari Raya Lebaran.

Tahukah Anda, apa saja pertolongan pertama saat asam urat kumat?

Penting bagi penderita asam urat melakukan pertolongan pertama. Pasalnya jika tidak segera ditangani nyeri yang dirasakan akan semakin parah. Bahkan seringkali disertai pembengkakan dan kulit menjadi kemerahan.

Itulah sebabnya penderita asam urat harus selalu menyediakan obat anti nyeri. Hal ini agar sewaktu-waktu kambuh atau kumat, nyeri akibat asam urat bisa segera diredakan.

Bisa juga dengan mengompres persendian yang sakit akibat asam urat dengan air dingin. Caranya, rendam kain atau handuk dalam air es. Bisa juga dengan memasukkan es batu dalam kantong plastik dan tempelkan di persendian yang sakit atau nyeri. Lakukan sekitar 10 atau 15 menit saja.

Saat terserang asam urat, angkatlah kaki ke atas. Cara ini terkesan sederhana tapi diyakini bisa membantu meredakan nyeri pada persendian. Mengangkat kaki akan lebih efektif jika disertai dengan mengompres persendian dengan air dingin atau es batu.

Penderita asam urat harus memperbanyak minum air putih. Pasalnya dehidrasi atau kekurangan cairan adalah salah satu penyebab serangan asam urat. 

Minum air putih akan membantu proses peluruhan zat asam urat dari dalam tubuh. Hal ini diharapkan bisa segera mengatasi serangan asam urat yang menyakitkan. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak juga bisa membantu menyehatkan ginjal.

Minum teh juga bisa membantu mengatasi serangan asam urat. Pasalnya teh memiliki sifat diuretik yang mampu meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. 

Semakin sering buang air kecil, semakin banyak pula zat asam urat yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Akibatnya nyeri akibat serangan asam urat akan lebih cepat reda.

Jika terpaksa harus berjalan atau beraktivitas jangan ragu untuk memakai tongkat. Hal ini akan membantu menurunkan tekanan dan rasa nyeri pada persendian. Penggunaan tongkat juga dapat membantu mempercepat pemulihan akibat serangan asam urat.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P