Netral English Netral Mandarin
21:34wib
Sebanyak 1.296 sekolah menjadi klaster Covid-19 di saat pembelajaran tatap muka (PTM) diduga akibat penularan. Sejumlah sumber di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sudah ditetapkan sebagai tersangka
Usai Operasi Usus Besar, Begini Kondisi Paus Fransiskus

Selasa, 06-Juli-2021 06:45

Pemimpin Katolik Paus Fransiskus.
Foto : Vatican News
Pemimpin Katolik Paus Fransiskus.
13

VATIKAN, NETRALNEWS.COM - Pihak Vatikan menyebutkan Paus Fransiskus dalam kondisi baik setelah menjalani operasi untuk mengangkat bagian dari usus besarnya. 

Paus yang kini berusia 84 tahun itu diperkirakan akan tinggal di rumah sakit selama tujuh hari kecuali ada komplikasi, menyusul operasi usus pada Minggu malam lalu oleh tim bedah yang beranggotakan 10 orang di rumah sakit Gemelli Roma, kata Juru Bicara Matteo Bruni dalam sebuah pernyataan, Senin (5/7/2021). 

Paus menjalani hemikolektomi kiri, prosedur di mana satu sisi usus besar diangkat. Ini adalah pertama kalinya Vatikan mengungkapkan operasi tersebut secara spesifik.

Pernyataan itu tidak merinci apakah keputusan untuk mengangkat bagian dari usus besar telah diambil sebelum atau selama operasi.

Operasi yang dijadwalkan adalah untuk gejala stenosis divertikular usus besar, suatu kondisi di mana kantung menonjol dari lapisan otot usus besar, membuatnya menjadi sempit.

Selain menyebabkan rasa sakit, kondisi yang lebih sering terjadi pada orang tua dapat menyebabkan kembung, peradangan, dan kesulitan buang air besar.

Reporter : Antara
Editor : Nazaruli