3
Netral English Netral Mandarin
16:19 wib
Partai Demokrat memecat sejumlah kader yang dianggap terlibat dan mendukung gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai atau kudeta. Pertumbuhan jumlah orang kaya raya atau crazy rich di Indonesia diproyeksi bakal melampaui China seiring dengan proses distribusi vaksin Covid-19 dilakukan.
Ustaz Maheer Wafat Jadi Konten Hoax, EK: Ngeri, Selama ini Bersama Kelompoknya, Diplintir Gila-gilaan

Selasa, 09-Februari-2021 07:42

Ustaz Maheer Wafat Jadi Konten Hoax
Foto : Medcom
Ustaz Maheer Wafat Jadi Konten Hoax
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Beredar sebuah narasi konten diliputi unsur hoax bahwa Soni Eranata alias Ustaz Maaher At-Thuwailibi dalam kondisi terbujur kaku. Narasi itu beredar di media sosial. Adalah kanal Youtube Zona Politik yang mengunggah video berjudul "Berita Terkini ~ Inna lillahi... !! Maaher Terkapar Tak Berdaya, Tangisan Keluarga Tak Terbendung". Pada thumbnail video itu terdapat narasi bahwa Maaher dalam kondisi terbujur kaku.

Menanggapi peristiwa meninggalnya Ustaz Maheer meninggal malah dijadikan bahan hoax, pegiat media sosial Eko Kuntadhi menanggapi.

"Sony Eranataalias Maher meninggal. Mestinya didoakan, bukan malah dijadikan bahan menyebarkan hoax. Ngeri banget deh. Bahkan wafatnya orang yang selama ini berdiri bersama kelompoknya, diplintir gila-gilaan," kata Eko, Senin malam (8/2/21).

"Kasian almarhum Sony. Semoga Allah melapangkan jalannya...," imbuh Eko.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan penelusuran, klaim bahwa ustaz Maaher dalam kondisi terbujur kaku, adalah salah. Faktanya, sejauh ini dikabarkan Maaher dalam perawatan di Rumah Sakit (RS) Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur karena mengidap sakit lambung. Maaher pada 22 Januari 2021 mengajukan permohonan dirujuk ke RS Ummi Bogor, Jawa Barat. Di antara pertimbangannya adalah RS Ummi memiliki rekan medis Maaher. Sementara itu, kalimat terbujur kaku lazimnya disematkan kepada mereka yang meninggal dunia. Sementara Maaher dikabarkan masih dalam perawatan.

Klaim bahwa ustaz Maaher dalam kondisi terbujur kaku, adalah salah. Faktanya, sejauh ini dikabarkan Maaher dalam perawatan di Rumah Sakit (RS) Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur karena mengidap sakit lambung. Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto