Netral English Netral Mandarin
01:51wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Berulang Bikin Ribut, Ustaz Waloni Masuk Islam untuk Hancurkan Islam? MUI Akhirnya Angkat Bicara

Kamis, 08-April-2021 10:10

Ustaz Yahya Waloni
Foto : Istimewa
Ustaz Yahya Waloni
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Berulangkali Ustaz Yahya Waloni membuat ketributan di sosial media dengan ceramah-ceramahnya yang kontroversial. Bahkan tak sedikit netizen yang sering berpendapat bahwa ia masuk Islam hanya untuk menghancurkan Islam. 

Setelah dipertanyakan banyak pihak, MUI Pusat akhirnya angkat bicara menanggapi pernyataan-pernyataan kontroversial dalam deramah yang dilakukan Ustaz Yahya Waloni.

Namun, di akun FB Mak Lambe Turah, banyak netizen meragukan apa yang dilakukan MUI sebagai tindakan tegas. Bahkan ada netizen yang kembali mengatakan bahwa sosok Waloni masuk Islam hanya untuk hancur kan Islam. Benarkah demikian?

MLT: “Emangnya berani sama Waloni ini???”

Lukman Gombong: “Bbiar rame , ibarat ada yg putih juga ada yg hitam.”

Mbah Bobo: “Dia masuk islam hanya untuk menhancurkan islam....”

Sebelumnya diberitakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang telah lama didesak netizen untuk mengambil tindakan tegas terkait ceramah-ceramah meresahkan Yahya Waloni akhirnya buka suara.

Ketua MUI, yakni Cholil Nafis, akhirnya ikut angkat bicara dengan beredarnya pemberitaan tentang ceramah Yahya Waloni yang mendoakan Quraish Shihab segera mati.

Adapun hal tersebut disampaikan oleh Cholil Nafis melalui akun Twitter pribadinya pada Selasa kemarin, 6 April 2021.

Tanggapannya bermula ketika ada seorang netizen dengan akun @fido_id yang merasa miris karena MUI tak kunjung mengambil tindakan atas ceramah meresahkan Yahya Waloni.

Akun tersebut lantas meminta Cholil Nafis selaku Ketua MUI untuk mendayagunakan MUI agar tak ada lagi pendakwah yang hobi menebar kebencian sana-sini.

“Mirisnya @MUIPusat mendiamkan hal-hal seperti ini. Semoga yai @cholilnafis mempelopori untuk lebih mendayagunakan MUI agar tidak ada “ustadz” yang suka menebarkan kebencian,” tulis akun @fido_id, seperti dikutip terkini.id pada Rabu, 7 April 2021.

Melihat ada netizen yang me-mention langsung akunnya, Cholil Nafis pun dengan sigap memberi tanggapan.

Ia mengatakan jikalau dirinya selama ini telah berkali-kali menyampaikan kepada masyarakat untuk memilih guru dan ustaz yang benar-benar paham dengan ajaran Islam.

Itu karena menurut Cholil, sangatlah penting untuk mencari ustaz yang mengisi pengajian di masjid agar bisa mendapat pemahaman soal Islam yang benar.

“Saya sdh berkali2 menyampaikan pentingnya mencari guru dan ustadz yg mengisi masjid dan pengajian agar dapat pemahaman Islam yg benar,” tulisnya, seperti dikutip terkini.id pada Rabu, 7 April 2021.

Seperti yang kita tahu, Yahya Waloni adalah seorang pendakwah mualaf yang menjadi ustaz setelah sebelumnya mengaku berprofesi sebagai pendeta.

Dalam ceramah-ceramahnya, ia kerap dianggap menebar kebencian dan menimbulkan kontroversi di sana-sini.

Oleh karena itulah banyak pihak yang merasa geram terhadap (yang katanya) mantan pendeta tersebut.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto