Netral English Netral Mandarin
18:08wib
Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengingatkan pemerintah agar tak mengangkat anggota TNI atau polisi aktif sebagai penjabat gubernur. Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyatakan sebanyak 58,1 persen masyarakat puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo.
Usul Lieus: Presiden Jokowi Pimpin Perlawanan, Memerdekakan Palestina, Boikot Produk Penjajah!

Jumat, 21-Mei-2021 08:57

Lieus Sungkharisma
Foto : Istimewa
Lieus Sungkharisma
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Koordinator Forum Rakyat Lieus Sungkharisma mengusulkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin perjuangan memerdekakan Palestina.

Hal tersebut disampaikan Lieus saat berorasi di Aksi Bela Palestina yang digelar oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di depan Kedutaan Besar Amerika Serika di Jakarta, Kamis (20/05/2021).

Awalnya, Lieus menyinggung soal pernyataan bersama Pemerintah Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam soal agresi Israel di wilayah Palestina, dimana ketiga negara tersebut menyatakan mengutuk tindakan Israel.

Pernyataan bersama yang dirilis pada Minggu (16/5/2021) malam itu, dibuat oleh Presiden Jokowi, Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin, dan Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah. Keterangan tertulis pernyataan bersama tiga negara itu diunggah Presiden Jokowi melalui akun twitternya.

Lieus mengaitkan pernyataan bersama itu dengan kabar maraknya seruan dan aksi boikot produk Israel di Malaysia. Lieus mempertanyakan mengapa Presiden Jokowi tidak menyerukan hal serupa sebagaimana pernyataan bersama mengutuk agresi Israel terhadap Palestina.

"Tadi sebelum saya kesini, ada anak-anak muda bilang 'hebat, Malaysia itu udah mulai boikot'. Jadi bukan statment saja. Kan Presiden Jokowi sama Malaysia dan Brunei itu sudah bikin joint statment. Kenapa sih Pak Jokowi nggak sekalian (serukan boikot)?" kata Lieus dalam orasinya.

Padahal, lanjut Lieus, jika Presiden Jokowi menyerukan pemboikotan produk Israel dan negara pendukungnya serta memimpin perjuangan memerdekakan Palestina, pasti rakyat Indonesia satu komando mendukung sikap Jokowi itu.

"(Presiden Jokowi) Pimpin perlawanan, memerdekakan Palestina, boikot semua yang masih mau menjajah Palestina. Rakyat akan ikut. Memang kita tidak berdaya karena kita tidak bersenjata, tapi kalau untuk boikot rasanya seluruh rakyat Indonesia akan mendukung boikot agar Palestina cepat merdeka," tegas Lieus.

"Setuju?," tanya tokoh Tionghoa itu dan dijawab 'setuju' oleh kader PKS yang ikut Aksi Bela Palestina.  

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati