Netral English Netral Mandarin
00:09wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Vaksin Covid-19 Mengubah Warna Darah, Satgas: Konten Menyesatkan

Minggu, 03-Oktober-2021 05:00

Ilustrasi informasi palsu atau hoaks.
Foto : freepik.com
Ilustrasi informasi palsu atau hoaks.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Akun Twitter dengan nama pengguna shane_mcminn mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar suatu aplikasi percakapan. Dalam hasil tangkapan layar tersebut, terdapat foto dua kantung darah dengan warna yang berbeda. 

Foto kantung darah tersebut juga disertai pesan yang menyatakan bahwa darah yang berwarna lebih gelap adalah darah milik orang yang telah menerima vaksin Covid-19.

Melansir dari USA Today, Kepala Tenaga Kesehatan bidang Layanan Biomedis Palang Merah Amerika, Dr. Pampee Young, menegaskan bahwa tidak ada kandungan dalam vaksin Covid-19 yang dapat mengubah warna darah.

Lebih lanjut, laporan Medical News Today menyebutkan bahwa warna darah dipengaruhi oleh kandungan oksigen dalam sel darah. Ketika pembuluh darah membawa darah yang kaya akan oksigen dari jantung, darah akan berwarna merah terang.

Sedangkan, ketika pembuluh darah membawa darah yang mengandung sedikit oksigen kembali ke jantung, darah akan berwarna merah gelap.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna shane_mcminn tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content. Demikian seperti dikutip dari laman resmi Satgas Waspada Investasi. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP