Netral English Netral Mandarin
23:10wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Vaksin Ibarat Pengendara Sepeda Motor Pakai Helm: Hindari Kondisi Berat

Selasa, 10-Agustus-2021 15:00

Ilustrasi Vaksin
Foto : Istimewa
Ilustrasi Vaksin
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM

Dokter ahli penyakit dalam, dr RA Adaninggar SpPD memberikan ilustrasi pada aktivitas vaksin. Dia mengibaratkan seperti helm bagi pengendara sepeda motor.

Dokter juga pegiat kesehatan itu, menjelaskan vaksin tak membuat kebal. Namun, bisa melindungi dari efek paling berat.

"Vaksin tidak membuat anda kebal karena memang kerja vaksin adalah seperti helm yang melindungi anda dari kondisi berat bila kecelakaan tapi helm tidak akan mencegah anda kecelakaan jika anda tidak berhati-hati. Jadi meskipun anda sudah divaksinpun tetap akan bisa kena Covid bila anda tidak melakukan protokol kesehatan dengan baik," tulis dia seperti dilansir akun resmi instagramnya @drningz Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Sejak program vaksinasi berjalan, bukti-bukti bahwa vaksin melindungi orang-orang dari gejala berat banyak.

"Sekali saya temui di praktik sehari-hari, terutama populasi rentan seperti lansia dan orang dengan komorbid. Tetap bisa terinfeksi Covid tapi sebagian besar bergejala ringan," tulisnya lagi.

Sebagian kecil tetap ada yang mengalami covid berat hingga meninggal karena seperti ilustrasi helm tadi meskipun memakai helm tetap saja bisa kecelakaan bila kita tidak berhati-hati / kendaraan kita bermasalah / faktor lingkungan dan orang lain yg berkendara tidak hati-hati. Derajat luka yg terjadi juga tergantung seberapa berat derajat kerusakan / faktor lingkungan yang mendukung terjadinya kecelakaan tersebut

"Jadi vaksin tidak pernah percuma. Tidak usah pilih-pilih merk vaksin karena semua vaksin bisa mengurangi risiko anda bergejala berat & meninggal dan supaya lebih efektif, harus didukung dengan pelaksanaan disiplin protokol kesehatan & pola hidup sehat untuk meminimalkan paparan virus. Vaksin yang terbaik adalah vaksin yang sudah tersedia," Tulis panjang.

"Mari kita dukung program vaksinasi di negara kita supaya fasilitas kesehatan tidak kolaps dan dalam jangka panjang masih ada harapan untuk perlahan bangkit dari kondisi pandemi," tulisnya.

 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sulha Handayani