Netral English Netral Mandarin
02:49wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan hanya membuka akses enam pintu masuk kedatangan perjalanan internasional untuk WNI. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada kemungkinan turis mancanegara bisa kembali mengunjungi Indonesia pada 2022 mendatang.
Vaksin Sinovac Terbukti Munculkan Antibodi pada Anak Usia 3-17 Tahun, Ini Efek Sampingnya

Jumat, 02-Juli-2021 11:00

Pemberian vaksin oleh petugas medis.
Foto : Kemenkes
Pemberian vaksin oleh petugas medis.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Dokter Umum dr Adam Prabata menyampaikan kabar baik bahwa vaksin sinovac terbukti aman dan mampu memunculkan antibodi pada anak usia 3-17 tahun. 

Informasi ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Bihuan Han MSc; Yufei Song BSc; Changgui Li, PhD; Wanqi Yang MSc; Qingxia Ma, BSc; Zhiwei Jiang, PhD; et al. Penelitian mereka telah dipublikasikan pada 28 Juni 2021 yang lalu, yang dikutip pada Jumat (2/7/2021). 

Vaksin Covid-19 yang bisa diberikan untuk anak memang merupakan hal yang sudah ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Vaksin tentu dinantikan oleh mereka yang ingin memberikan perlindungan lebih terhadap Covid-19 kepada anak. 

“Baru-baru ini muncul penelitian dari Vaksin Sinovac yang menyatakan bahwa Vaksin Sinovac aman dan bisa memunculkan antibodi bagi anak usia 3-17 tahun,”ujar dr Adam, dikutip dari infografis yang dia bagikan. 

Berdasarkan hasil penelitian, mayoritas efek samping pasca vaksinasi yang terjadi dalam kategori ringan atau sedang. Efek samping tersering berupa nyeri di area suntik, demam, dan batuk. 

Hasil keamanan dan kemampuan memunculkan antibodi dari Vaksin Sinovac didapatkan dari uji klinis fase 1/2 yang dilakukan di China. Fase satu dilakukan pada sebanyak 72 orang dan fase dua pada sebanyak 480 orang. 

Tetapi catatannya, belum ada hasil uji klinis fase tiga. Selain itu belum ada data efektivitas Vaksin Sinovac pada anak usia 3-17 tahun. 

Kesimpulannya, Vaksin Sinovac terbukti aman dan mampu memunculkan antibodi terhadap Covid-19 pada anak usia 3-17 tahun. Data mengenai efikasi Vaksin Sinovac pada usia 3-17 tahun masih perlu menunggu hasil uji klinis fase tiga. 

“Bagaimana Vaksin Sinovac untuk anak di Indonesia? Anak usia 12-17 tahun sudah bisa mendapatkan Vaksin Sinovac di Indonesia,” ujar dr Adam. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyampaikan informasi terkait vaksinasi untuk anak. Di sisi lain Vaksinasi Covid-19 nasional telah mencapai angka 1,3 juta suntikan per hari pada Sabtu lalu. 

Kata Presiden Jokowi, kini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat Vaksin Sinovac untuk anak-anak berusia 12-17 tahun. 

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian