Netral English Netral Mandarin
10:33wib
Barcelona mengonfirmasi bahwa mereka akan berpisah dengan megabintang Lionel Messi karena tidak menandatangani kontrak baru. Valentino Rossi pada Kamis di Austria telah membulatkan tekad untuk menutup kariernya di MotoGP dalam 25 tahun terakhir ini setelah musim 2021 usai.
Vaksinasi Ciptakan Varian Baru Covid-19? Kominfo Tegaskan Itu Hoaks

Rabu, 09-Juni-2021 19:19

freepik.com
Foto : Ilustrasi hoaks.
freepik.com
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menginformasikan bahwa telah beredar sebuah video yang mengklaim bahwa vaksinasi menyebabkan terciptanya varian baru Covid-19.

Seperti dikutip dari laman resminya, Rabu (9/6/2021), Kominfo menegaskan bahwa itu adalah informasi menyesatkan dan bisa disebut hoaks.

Bahkan, narasi di video itu juga menyebut bahwa varian baru Covid-19 terbentuk untuk menghindari antibodi yang diciptakan oleh dorongan vaksinasi global.

Ditegaskan lagi oleh Kominfo, seperti dilansir usatoday.com, klaim tersebut adalah keliru. Dr. Stanley Perlman, profesor mikrobiologi dan imunologi di University of Iowa menjelaskan bahwa varian baru Covid-19 terjadi karena adanya mutasi, sementara mutasi tidak disebabkan oleh adanya imunisasi atau vaksinasi.

Selanjutnya mengutip reuters.com, pakar medis di Meedan's Health Desk menegaskan bahwa tidak ada bukti vaksin menyebabkan varian baru Covid-19.

"Ketika seseorang divaksinasi, mereka cenderung tidak tertular dan menularkan virus, dan karena itu lebih kecil kemungkinannya untuk tertular dan menularkan varian virus Covid-19," demikian pakar medis tersebut, dalam keterangan di laman resmi Kominfo tersebut.

Reporter : Irawan HP
Editor : Nazaruli