Netral English Netral Mandarin
23:55wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Viral Gaji dan Tunjangan Krisdayanti di DPR Bikin Geleng-Geleng Kepala, Netizen: Pantas Banyak yang Mupeng

Selasa, 14-September-2021 17:18

Krisdayanti
Foto : Grid.id
Krisdayanti
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Krisdayanti buka-bukaan soal gaji tunjangannya sebagai anggota DPR. Sontak banyak netizen yang geleng-geleng kepala di tengah situasi pandemi. 

Di akun FB, Mak lambe Turah, Selasa 14 September 2021, banyak sekali netizen berkomentar pedas.

MLT: “Wihh pantas banyak yang mupeng jadi anggota DPR.”

Tini Jayadi: “Ada yg sampai nyisihkan org lain yg sdh dpt kursi lho.....!!!”

Siti Hidayah:"Dr dlu emg "rebutan"kursi DPR MPR apalagi "pusat" mpe belain "bermanis ria" utk DPT posisi. Cuma jaman dlu, itu "diatur" pempus ORBA, skrg "dalih" REFORMASI, n bebas berpendapat, Jadi ..... Bawa2 agama."

Untuk diketahui, penyanyi papan atas Indonesia, Krisdayanti, buka-bukaan soal gaji dan tunjangan setiap bulan sebagai anggota DPR RI. Total gaji dan tunjangan yang diterima Krisdayanti selaku anggota Dewan mencapai ratusan juta rupiah.

"Setiap tanggal 1 Rp 16 juta," ujar Krisdayanti saat berbincang di YouTube Akbar Faizal, seperti dilihat pada Selasa (14/9/2021).

Menurut Krisdayanti, setiap bulan ada beberapa kali penerimaan. Ada juga uang yang masuk ke rekeningnya 4 hari setelah yang diterima pada tanggal 1. Tapi ada juga beberapa potongan atas dana tersebut.

"Tanggal 5 Rp 59 juta ya, kalau tidak salah," beber Krisdayanti.

Selain itu, Krisdayanti mengungkapkan perihal dana aspirasi. Anggota Komisi IX DPR itu mengaku menerima dana aspirasi sebesar Rp 450 juta.

"Itu memang wajib untuk kita. Namanya juga uang negara. Dana aspirasi itu Rp 450 juta, lima kali dalam setahun," ungkapnya.

Tak sampai di situ, Krisdayanti juga mengaku menerima uang untuk kunjungan ke daerah pemilihan (dapil), yang dilakukan saat masa reses. Uang kunjungan ke dapil ini diterima 8 kali setiap tahun.

"(Uang kunjungan ke dapil) Rp 140 juta. Itu 8 kali setahun," ucap wanita yang akrab disapa KD itu.

Akbar Faizal, yang juga pernah menjabat anggota DPR, menjelaskan bahwa uang yang diterima Krisdayanti setiap tanggal 1 adalah gaji pokok anggota DPR. Untuk uang yang diterima 4 hari setelah tanggal 1 adalah tunjangan.

Kembali ke Krisdayanti. Dia menekankan, sebagai anggota DPR, dia harus bisa menyerap aspirasi pemilihnya. Karena itu, anggota DPR dapil Jawa Timur 5 itu merasa memiliki tanggung jawab yang besar.

"Kami juga harus menyerap aspirasi di 20 titik, itu kehadiran kita. Mohon maaf kepada senior saya ini saya upayakan semaksimal mungkin. Saya akan tergetar hati saya kalau tidak menyampaikan nilai-nilai kemasyarakatan," sebutnya.

Anggota DPR Fraksi PDIP itu menekankan masyarakat di dapilnya harus mendapatkan kucuran bantuan. Karena itu, kehadirannya sebagai anggota DPR sangat dibutuhkan.

"Itu sudah sangat simpel. Sembako dan lainnya harus dikucurkan, seperti air. Kehadiran kami (anggota DPR) sangat dibutuhkan," ucap Krisdayanti dinukil detik.com. 

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto