Netral English Netral Mandarin
11:48wib
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan melaporkan Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pencemaran nama baik. Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK.
Viral Potret Lawas Istri Soekarno Asal Jepang, Cantik Banget Mirip Maudy Ayunda

Selasa, 14-September-2021 10:45

Maudy Ayunda mirip istri Soekarno asal JepangZ
Foto : Instagram Maudy Ayunda.
Maudy Ayunda mirip istri Soekarno asal JepangZ
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Beredar potret lawas dari Istri Soekarno, Ratna Sari Dewi yang cantik memesona. Potret itu dibagikan oleh akun @potretlawas di Twitter, jadi perbincangan antar warganet, hingga jadi trending topic.

Foto yang dibagikan meliputi potret Ratna Sari Dewi Soekarno yang tengah melukis, bermain dengan anjing, serta potret tersenyum lebar. Turut menarik perhatian, pasalnya paras muda dari istri Sang Plokamator itu mirip dengan Artis Muda Maudy Ayunda.

Ratna Sari Dewi Soekarno, biasa dipanggil Dewi Soekarno, lahir dengan nama Naoko Nemoto di Tokyo, Kekaisaran Jepang, 6 Februari 1940. Saat ini dia berusia 81 tahun dan dikenal sebagai istri ke-5 Soekarno yang merupakan Presiden Indonesia pertama.

"Hari-hari terakhir Ratna Sari Dewi. Ia masih bermain tenis, melukis, hingga bermain dg anjing-anjingnya," tulis @potretlawas, dikutip dari cuitannya, Kamis (14/9/2021). 

Foto itu rupanya diambil jurnalis majalah Life, Co Rentmeester, sekitar Maret 1966. Atau enam bulanan sebelum Dewi meninggalkan Indonesia dan Soekarno yang sedang dirongrong kekuasaannya. 

Sebagian orang meyakini, Dewi ikut menyelamatkan Soekarno setelah G30S. Selain jadi teman, keberadaan Dewi dianggap jadi salah satu alasan militer tak mengambil tindakan ekstrem atas Soekarno. Ia disebut cakap jadi penengah suaminya dan para jenderal yang sudah tak sabar berkuasa.

Salah satu manufer terkenal Dewi awal 1966: main golf dg Soeharto di Rawamangun, yang menurut Probosutedjo membuat Ibu Tien cemburu.

Dewi paham, posisi suaminya sudah terjepit. Dia berusaha memperhalus hubungan tegang Soekarno dan Soeharto, jenderal paling berpengaruh pasca-G30S. Meski dampaknya bisa didebatkan, usaha-usaha Dewi setidaknya mengulur waktu.

Lebih penting, adanya Dewi menguatkan Soekarno yang sudah mulai menua dan sakit. Terlebih, tak selang lama setelah potret ini diambil, Dewi hamil. Soekarno gembira tak terkira. 

"Ini mesti kalo lahir di zaman skrg udh jd ikon nya indo kyk cinta laura atau Maudy Ayunda," cuit @c*tarbuc***.

"sblm baca dan buka fotonya kirain gue Maudy ayunda," cuit @x*lbccdk***.

"Sekilas mirip maudy ayunda," cuit @_*lo***.

"kirain Maudy Ayunda, pas baca caption... lah? bukan to," cuit @m*onmo***.

"Ihh cantik bgtt kirain kak Maudy Ayunda," cuit @f*lwerberryl***.

Maudy Ayunda sendiri lahir di Jakarta pada 19 Desember 1994. Dia dikenal sebagai pemain film, aktor, bintang iklan, penyangi hingga penulis.

Maudy juga dikenal sebagai artis berprestasi, karena selain sukses di bidang karir juga sukses di bidang pendidikan. Setelah mengenyam pendidikan SMA dan menjabat sebagai Ketua OSIS, dia melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ternama di luar negeri.

Oxford University menjadi salah satu almamaternya. Dia lulus dan mendapatkan predikan cumlaude hanya dalam waktu tiga tahun. 

Setelah itu Maudy melanjutkan pendidikan S2 di Stanford University, dia berhasil lulus pada Juni 2021 lalu. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani