Netral English Netral Mandarin
11:50wib
Publik dihebohkan dengan ucapan selamat hari raya dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada umat Baha'i. Video itu jadi sorotan karena Baha'i bukan salah satu dari enam agama yang diakui negara. Menaker Ida Fauziyah menyatakan karyawan dengan gaji di atas Rp 3,5 juta tetap bisa mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp 1 juta.
Viral, Video Netizen Malaysia 'Semprot' Ustaz Somad: Otak Kau Kotor Sangat, Bikin Gaduh, Suka Fitnah

Sabtu, 12-Juni-2021 19:51

Netizen asal Malaysia
Foto : twitter
Netizen asal Malaysia
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Baru-baru ini viral di media sosial video ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang menuding pemerintah menggunakan dana haji untuk pembangunan infrastruktur dan bentuk investasi lainnya.

Video itu viral setelah pemerintah memutuskan untuk memutuskan membatalkan pemberangkatan jemaah haji 2021.

“Duit gak ada, dipakai dana haji, umat Islam ribut, umat Islam mengamuk. Kami bayar haji untuk berangkat haji bukan duit kami dipakai untuk bangun jalan, investasi!,” teriak UAS dalam video yang viral.

UAS menyebut kalau pemerintah baru berhenti mengunakan dana haji untuk membiayai infrastruktur setelah ada teguran dari umat. “Kalau umat Islam mengamuk, berhenti. Tapi kalau umat diam, lanjut. Diamlah kalian, habis masjid ini,” tegasnya. UAS lantas memperingatkan para penguasa maupun pejabat negara agar tidak memakai dana haji untuk membangun infrastruktur lantaran perbuatan itu akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

“Yang punya jabatan, yang punya kekuasaan, yang punya tanda tangan, kalian akan dituntut di hadapan Allah SWT!,” ujar UAS dengan berapi-api.

"Silakan kalian jadi gubernur, silakan jadi wali kota, silakan jadi presiden, setiap jabatan kalian hanya dua periode, tapi hisab kalian di akhirat kekal selama-lamanya!,” ujarnya.

Pernyataan UAS itu menuai beragam komentar dari netizen. Bahkan, beredar video salah seorang netizen asal Malaysia yang juga ikut mengomentari sikap UAS tersebut.

Video komentar netizen asal Malaysia itu diunggah akun Twitter @MurtadhaOne1, Sabtu (12/6/2021).

"Muslim di Malaysia pun marah sama somad (emoji tertawa)," tulis @MurtadhaOne1 pada unggahannya.

Dalam video tersebut, netizen asal Malaysia itu mengecam dan menghujat UAS. Ia berpendapat kalau Ustaz Somad hanya membuat gaduh, menghasut dan membodohi rakyat Indonesia, hingga menyebut sikap Ustaz Somad seperti iblis.

“Assalamu'alaikum untuk sahabat- sahabatku yang ada di Indonesia. Saya menanggapi Somad pasal (soal) jemaah haji Indonesia tak diberangkatkan tahun ini,” kata netizen asal Malaysia itu.  

“Kenapa tak berpikiran panjang. Otaknya Somad ini ini asik (suka) bikin gaduh, asik perbodohkan rakyat Indonesia satu bangsa dengan kau. Kenapa punya sikap macam iblis dan setan, kenapa dihasut orang-orang buat kegaduhan? Janganlah macam itu,” sambungnya.

Menurutnya, Ustaz Somad telah memfitnah pemerintah Indonesia terkait pembatalan pemberangkatan jemaah haji 2021. Ia pun menuding UAS berpikiran kotor terhadap pemerintah.  

“Kau tahu tak (tidak)? Menjadi ustaz itu harus tanggung jawab kau dengan perkataan. Kau sudah memfitnah pemerintah Indonesia pasal haji tak diberangkatkan. Kau ini otaknya kotor sangat," ujarnya.

Pria berkopiah dan berkacamata itu menambahkan, pernyataan UAS yang demikian tidak menunjukkan sikap sebagai seorang ustaz. 

"Menjadi ustaz itu harus punya hati, punya perasaan, punya sikap. Bukan macam engkau ini, engkau ini sudah seperti iblis, menghasut, bikin orang gaduh," tegasnya.

Lebih lanjut, netizen itu mengingatkan Ustaz Somad untuk berani  mempertanggungjawabkan ucapannya soal dana haji.

"Kau harus punya tanggung jawab, jangan suka memfitnah. Kalau ustaz itu punya hati dan pikiran, harus bersih hati kalau jadi ustaz itu. Kau bukan ustaz, melainkan ban***t kau!," pungkasnya. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati