Netral English Netral Mandarin
20:29wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Waduh! Gudang Vaksin dan Gudang Farmasi di DKI Kebakaran, EK: Ngeri Ini

Jumat, 09-Juli-2021 08:43

Ilustrasi petugas sedang berusaha memadamkan kebakaran
Foto : Minews.id
Ilustrasi petugas sedang berusaha memadamkan kebakaran
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Eko Kuntadhi mengaku ngeri dengan peristiwa dua gudang terkait medis di DKI Jakarta terbakar. Yang satu gudang farmasi di Duren sawit dan satu lagi gudang vaksin di Sumur Batu.

“Ngeri ini...,” cuit Eko Kuntadhi, Jumat 9 Juli 2021.

Untuk diketahui, gudang vaksin di Puskesmas Sumur Batu, Jakarta Pusat (Jakpus), terbakar. Diduga penyebabnya adalah korsleting listrik.

"Listrik. Mereka bikin kesaksian bahwa penyebab listrik. Disemprot nggak mati, malah nyala api," kata Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakpus Unggul Wibowo, saat dihubungi, Kamis (8/7/2021).

Diketahui hampir 1.000 ampul (botol kecil) vaksin COVID-19 hangus terbakar. Jumlah itu terdiri dari vaksin COVID-19 untuk anak-anak dan orang dewasa.

"Itu vaksin macam-macam, itu ada vaksin anak-anak dan vaksin orang dewasa. Jumlahnya di bawah 1.000 ampul," ujar Unggul dinukil detik.com.

Kebakaran gudang vaksin terjadi pada pukul 19.53 WIB tadi. Api langsung membakar bagian gudang puskesmas tersebut.

Empat mobil damkar kemudian meluncur. Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi pada pukul 20.05 WIB. Api berhasil dilokalisasi pada pukul 20.16 WIB. dan pendinginan pada pukul 20.20 WIB.

Sementara gudang farmasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga alami kebakaran. Sebanyak 12 unit pemadam kebakaran dikerahkan.

"Iya (kebakaran). Isinya barang-barang expired doang, jadi gudang bukan buat obat, gudang buat barang-barang nggak kepakai, taruh situ," ujar Kasi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Timur Gatot Sulaeman, Kamis (8/7/2021).

Kebakaran itu terjadi di Cipinang Muara 2 ,Gang Rosalia 110-65, RT 5/RW 2, Pondok Bambu, Duren Sawit, pukul 19.17 WIB tadi. Belum diketahui kronologi kebakaran itu.

"Menurut saksi dari warga rusun Cipinang Muara II, api menyala secara tiba tiba dan langsung membesar secara merata di 3 ruang yang tersekat oleh tembok," kata Gatot.

"(Total kerugian) Rp 1 miliar," terang Gatot.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sulha Handayani