Netral English Netral Mandarin
01:57wib
Lebih dari 4.300 orang telah meninggal dunia akibat "jamur hitam" di India yang umumnya menyerang pasien-pasien Covid-19. Gojek, Grab, dan ShopeeFood membantah terlibat dalam seruan aksi demo nasinonal Jokowi End Game yang berlangsung hari ini.
Veronica Koman: Otsus Papua Memang Gagal, Otsus adalah Nasi, Dimakan Jadi T*i

Sabtu, 26-Juni-2021 08:30

Veronica Koman dan Kritiknya terhadap Otsus
Foto : Kolase Netralnews
Veronica Koman dan Kritiknya terhadap Otsus
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pernyataan Veronica Koman mengkritisi Otsus Papua sangat keras. Hal itu disampaikannya melalui akun Twitternya Jumat malam, 25 Juni 2021. 

“Beberapa bulan terakhir ini Jakarta telah membuktikan bahwa Otsus Papua memang gagal. Otsus adalah nasi, dimakan jadi t*i,” kata Veronica Koman.

Ia juga mengunggah catatan khusus mengenai Otsus yakni sebagi berikut: 

"Beberapa bulan terakhir  ini Jakarta telah membuktikan bahwa Otsus itu memang gagal:

- dualisme  dalam pelantikan  Sekda Provinsi Papua (Dance Flassy oleh Kemendagri dan Doren Wakerkwa oleh Gubernur);

- dualisme  representasi dalam pembahasan Otsus (seharusnya  oleh MRP dan DPRP, malah jadinya oleh DPD bentukan MPR Rl);

- Pansus DPR tidak melibatkan MRP dan DPRP dalam pembahasan perpanjangan Otsus, bertentangan dengan UU Otsus;

- BIN melabel MRP sebagai pendukung separatisme, padahal MRP adalah produk  Otsus;

- MRP menjalankan amanat UU Otsus dengan menyelenggarakan Rapat Dengar Pendapat terkait Otsus. BIN malah label kegiatan ini sebagai ,kontra negara';

- Jakarta terus memaksakan wacana pemekaran padahal tidak sesuai dengan UU Otsus, ini untuk memecah persatuan  elite Papua;

- Gubernur  Lukas Enembe dikudeta Jakarta. Taktik dualisme  dan pelemahan dilakukan Jakarta Taktik dualisme dan pelemahan dilakukan Jakarta secara sistematis untuk memuluskan pemaksaan perpanjangan Otsus."

Veronica juga menambahkan: “Kalau saya pengacara MRP, saya tidak akan sarankan untuk menempuh  pengadilannya  NKRI, hasilnya kan sudah bisa ditebak. Saya akan sarankan untuk sekalian bubarkan  MRP biar Jakarta pusing sendiri, karena MRP adalah manifestasi pokok Otsus. MRP sendiri toh sudah menyatakan bahwa aspirasi rakyat Papua memang menolak perpanjangan Otsus.

Jakarta memang luar biasa, membahas perpanjangan Otsus sambil menginjak-injak Otsus itu sendiri. Otsus adalah nasi, dimakan jadi t*i,” pungkasnya.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati